alexametrics

Sebelum Turap Longsor, Jalan Lodan Sudah Ambles

21 November 2018, 06:56:03 WIB

JawaPos.com – Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta harus lebih berhati-hati dalam melakukan pengerukansungai. Karena jika dilakukan dengan sembarangan maka akan membahayakan warga sekitar, khususnya yang berada di bantaran sungai.

Seperti yang terjadi di Jalan Lodan Raya RT 02/08 Pademangan, Ancol, Jakarta Utara, beberapa rumah warga hampir ambruk karena pengerukan sungai yang dilakukan. Saat ini tengah dilakukan perbaikan dinding untuk memperkuat turap.

Kadis Sumber Daya Air (SDA) Teguh Hendarwan mengatakan ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum melakukan pengerukan. Salah satunya yakni sosialisasi kepada warga sekitar.

“Kami dalam pengerukan pastinya melakukan sosialisasi dulu, enggak sembarangan ngeruk. Kalau asal ngeruk saja semua bisa, alat banyak. Tapi dampak terhadap longsor itu yang harus kami antisipasi. Nah ini kejadiannya,” terang Teguh, Selasa (20/11).

Salah satu penyebab longsor, juka dikarenakan, jalan sekitar sudah mengalami ambles. Sehingga dinding turap tidak bisa menahan beban. Terlebih bagian tengah kali dilakukan pengerukan maka tanahnya bergeser.

“Jalan juga sudah ambles, makanya sekarang akan kami perbaiki, supaya jadi bagus. Karena kasus ini juga agak sering ya kejadian seperti ini,” ucapnya.

Menurut Teguh, sebelum pihaknya melakukan pengerukan, Dinas Lingkungan Hidup sudah terlebih dahulu mengangkut sampah-sampah yang ada di atasnya. Karena memang kewenangannya dibagi dua, yakni sampah menjadi kewenangan UPK Badan Air dan lumpur tanggung jawab Dinas SDA.

“Sebenarnya 2016 sudah dibagi kewenangannya, antara kami Dinas SDA dan UPK Badan Air. Makanya saya tadi lapor Pak Gubernur, sudah kasih kami saja deh. Karena sarana dan prasarana kamia ada semua,” tutur Teguh.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (dik/JPC)



Close Ads
Sebelum Turap Longsor, Jalan Lodan Sudah Ambles