alexametrics

Kuasa Hukum Iwan Adranacus Hadirkan Dua Saksi Ahli di Sidang Lanjutan

21 November 2018, 18:43:53 WIB

JawaPos.com – Sidang kasus Iwan Adranacus kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Solo, Rbau (21/11). Dalam sidang yang di Ketuai Krisbon Lumbangaol ini, mengagendakan pemeriksaan ahli. Ahli yang dihadirkan adalah dari kuasa hukum terdakwa yakni ahli forensik Universitas Gadjah Mada (UGM), Ida Bagus Gede Suryaputro.

Sedangkan saksi ahli lainnya yang dihadirkan yakni, Johanes Rudi Utomo yang merupakan ahli kendaraan buatan Eropa. Saksi pertama yang dihadirkan adalah Ida Bagus Gede. Dalam keterangannya, pria yang juga sering membantu di RSUD Sardjito, Jogja tersebut mengungkapkan bahwa untuk mengetahui penyebab pasti kematian korban perlu dilakukan proses autopsi menyeluruh. Mulai dari pemeriksaan secara kasat mata sampai dengan pemeriksaan bagian vital seperti jantung.

Dalam kesaksiannya di hadapan majelis, Ida Bagus mengaku sudah mempelajari hasil visum sebagaimana yang terdapat dalam berita acara pemeriksaan (BAP). Akan tetapi, menurutnya dalam BAP itu masih ada beberapa hal yang kurang karena tidak dijelaskan. Salah satunya mengenai bentuk patahan pada tulang kepala korban.

“Bentuk kerusakan pada tulang itu bisa diketahui. Apakah patahannya melesak ke dalam atau membentuk garis. Jika patahan itu melesak ke dalam maka ada benda tumpul yang mengenai tulang tersebut,” urainya.
Dan dalam BAP, Ida melanjutkan, keterangan seperti belum ada. Sehingga tidak diketahui secara pasti mengenai bentuk patahan pada tulang bagian belakang korban.

Sementara itu, kesaksian dari ahli kendaraan buatan Eropa, Johanes Budi mengatakan, bahwa mobil yang dikemudikan Iwan Adranacus merupakan mobil yang tergolong tidak berisik. Bahkan raungan mesin sangat minim sekali. “Raungan mesin sangat minim sekali, mobil itu tergolong tidak berisik,” katanya.

Usai mendengarkan keterangan dari dua ahli tersebut, sidang akan dilanjutkan pada Kamis (22/11) besok. Agenda sidang yakni pemeriksaan ahli dari pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Editor : Budi Warsito

Reporter : (apl/JPC)

Close Ads
Kuasa Hukum Iwan Adranacus Hadirkan Dua Saksi Ahli di Sidang Lanjutan