JawaPos Radar | Iklan Jitu

Buktikan Trans-Papua Nyata, Youk Tanzil Jelajahi Papua dengan Motor

21 November 2018, 08:41:48 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Buktikan Trans-Papua Nyata, Youk Tanzil Jelajahi Papua dengan Motor
Youk Tanzil berhasil jelajah Papua dengan sepeda motor (DOK. YOUK TANZIL)
Share this

JawaPos.com - Banyaknya berita miring tentang tanah Papua mendorong biker yang satu ini untuk melihat langsung kondisi wilayah ujung timur Indonesia ini. Yang lebih menyedihkan lagi, pembangunan jalan trans-Papua yang masif dikembangkan pemerintah dianggap hoax oleh banyak pihak.

Atas rasa keprihatinan akan informasi-informasi simpang siur itu, Youk Tanzil memberanikan diri untuk melakukan ekspedisi mengililingi Papua dengan motor melewati jalur trans-Papua yang berat dan membahayakan. Perjalanannya mengitari pulau terbesar di Indonesia itu memakan waktu 34 hari—melintasi berbagai kota kecil dengan jarak 3.360 kilometer.

"Tujuan perjalanan saya untuk meluruskan cerita yang selama ini jalan trans-Papua tidak ada, masyarakatnya suka palak, kita bisa dipanah di jalan dan sebagainya. Saya telah melakukan riset selama 6 bulan sebelumnya, akhirnya memutuskan untuk pergi bersama seorang kameramen untuk mendokumentasikannya. Akhirnya 4 Agustus kita mulai perjalanan dari Wamena ke Jayapura," kata Youk Tanzil berbagi kisah beberapa waktu lalu.

Buktikan Trans-Papua Nyata, Youk Tanzil Jelajahi Papua dengan Motor
Jelajah Papua untuk buktikan jalan trans-Papua itu ada (DOK. YOUK TANZIL)

Youk mangaku, medan pulau yang besarnya tiga kali lipat Pulau Jawa itu sangat berat, melelahkan, dan menguras emosi. Namun di waktu yang sama, ia disuguhkan pemandangan indah surga kecil di tanah Papua.

"Medan Papua sangat berat, ada jalan aspal mulus, jalan berlumpur, hingga bagian jalan trans-Papua yang masih dikerjakan dengan tingkat kemiringan 45 derajat yang membuat kami sempat takut melintasinya. Namun semua bisa diatasi," ujarnya.

Ia juga bercerita bahwa di Papua sudah ada tol laut dengan kapal yang dilengkapi crane yang menghubungkan masyarakat antarpulau, sehingga interaksi ekonomi berjalan lebih baik. Bahkan motornya juga ikut nyeberang ke beberapa wilayah menggunakan kapal tol laut tersebut.

Ia menceritakan banyak tempat indah di Papua. Riding di sana seperti melintasi padang hijau luas dengan perbukitan bak di Skotlandia. Atau jalan dengan pemandangan sekelas Swiss. Namun ada beberapa wilayah yang sementara dibangun yang masih sulit dilalui kendaraan termasuk motor adventure KTM yang ia gunakan.

Baginya, masyarakat Papua sangat menerimanya, bahkan di beberapa tempat ia mendapat penghargaan secara khusus oleh Kepala Suku setempat sebagai orang luar Papua pertama yang melintasi trans-Papua. Banyak pengalaman Youk bersama masyarakat Papua. Keramahan, kekeluargaan, sifat saling menyapa, dan menolong menjadi tradisi, sehingga kita nggak bakalan susah di sana.

"Di sana money is nothing. Yang berlaku adalah friendship. Mereka menolong dan membantu tanpa pamrih. Jika mereka menggendong motormu untuk memindahkannya jangan kau berpikir untuk bayar karena mereka akan menolaknya dengan keras," tukasnya.

Setelah melintasi trans-Papua dengan motornya, Youk mendedikasikan hasil perjalanan dan risetnya kepada pemerintah dan menyerahkan peta perjalanannya ke navigasi.net sebagai referensi peta terbaru di Papua.

"Saya dedikasikan ini untuk pemerintah Indonesia. Survei pertama saya ini ingin meluruskan semua berita-berita yang nggak benar, seperti disebut ada pemalakan, trans-Papua nggak ada. Ini harus diluruskan. Saya sudah membagikan peta yang saya lalui dan saya donasikan ke navigasi.net. Bukan bohong-bohongan. Hasilnya dipakai sebagai peta Papua terbaru. Jalan trans-Papua itu ada, dan kami telah melintasinya," pungkas Youk Tanzil.

(ce1/wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up