alexametrics

Lulusan FISIP Berpeluang Bisa Langsung Nyalon Kades

21 November 2017, 02:40:54 WIB

JawaPos.com – Lulusan S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) berpeluang bisa langsung mencalonkan diri menjadi kepala desa (kades). Itu dilakukan agar mereka bisa mempraktikkan langsung ilmu di bidang pemerintahan.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa usai menjadi narasumber Simposium Unpad yang bertajuk Membangun Desa sebagai Solusi Percepatan Pembangunan di Jawa Barat Bagian Selatan.

“Kalau dimungkinkan, lulusan S1 FISIP bisa mencalonkan kepala desa, kenapa tidak untuk bisa mempraktikkan di bidang pemerintahan,” kata Iwa di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipatiukur, Bandung, Senin (20/11), dilansir RMOl Jabar (Jawa Pos Grup).

Menurutnya, lulusan FISIP tersebut bisa mengetahui secara langsung tata kelola pemerintahan yang sesungguhnya. Juga, lanjut Iwa, pihaknya sudah mempersiapkan tata kelola keuangan maupun sistemnya.

“Bagaimana tata kelola pemerintahan yang real, yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, itu ada di desa,” ungkapnya.

Pernyataan Iwa itu bukan tanpa alasan. Seiring dengan ekspektasi masyarakat yang semakin meningkat. Tentu pelayanan perlu ditingkatkan dari sisi perangkat SDM-nya.

“Diharapkan dari temen-temen FISIP bisa membantu kepala daerah,” ucapnya.

Namun, Iwa juga mengingatkan agar tetap melihat proses-prosesnya serta perbaikan yang akan tetap dilakukan secara bertahap.

“Karena ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kita (Provinsi, Red) serius untuk membangun desa, infrastruktur, maupun SDM/perangkat yang ada di desa,” tandasnya.

Editor : admin

Reporter : (mam/jpg/ce1/JPC)

Lulusan FISIP Berpeluang Bisa Langsung Nyalon Kades