alexametrics

Anggaran Kampus Merdeka Naik 3 Kali Lipat Tahun Depan

21 Oktober 2021, 20:33:10 WIB

JawaPos.com–Tahun depan, anggaran program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) akan ditambah 3 kali lipat. Hal itu ditegaskan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim di Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya. Kehadiran Nadiem pada Kamis (21/10), untuk menyosialisasikan MBKM.

”Kita akan menambah anggaran program kampus merdeka 3 kali lipat besarnya,” ucap Nadiem.

Dia berjanji, kemendikbudristek memberikan anggaran sesuai yang diajukan untuk program dari masing-masing universitas. Sehingga, perguruan tinggi diminta banyak berinovasi.

”Kalau ada yang minta 100, akan kita kasih. Rp 20 M sudah diajukan ITS dan sudah diberikan,” tutur Nadiem.

Nadiem meminta program baru di seluruh perguruan tinggi. Rektor dan perguruan tinggi harus membuat program baru. Kemudian pitching atau menemui perusahaan. ”Tahun depan, akan ada 1 program untuk membantu rektor mendanai praktisi belajar dalam kampus. Kemendikbudristek yang akan menyiapkan dananya,” kata Nediam.

Perubahan anggaran itu, lanjut Nadiem, sebagai upaya untuk mendukung dan menciptakan inovasi baru dari mahasiswa dan perguruan tinggi. Untuk mencapai itu, dia meminta rektor memberikan peluang bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika




Close Ads