alexametrics

Fornas Deklarasi di Klaten, Taufan Ingatkan Pentingnya Kebhinekaan

21 Oktober 2018, 21:50:25 WIB

JawaPos.com – Forum Nasional (Fornas) Bhinneka Tunggal Ika merupakan perhimpunan, perkumpulan orang-orang yang hadir bagi masa kini dan masa depan. Artinya Fornas memperjuangkan Indonesia sebagai rumah keberagaman, rumah bagi semua golongan dan agama.

Fornas merupakan organisasi masa depan yg memandang Indonesia jauh lebih baik. Indonesia yang tidak melihat ke belakang sebagai politik tanpa moralitas, politik tanpa rasa empati kepada kemanusiaan.

Pesan tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Fornas Bhineka Tunggal Ika, Taufan Hunneman saat acara deklarasi organisasinya di Kabupaten Klaten, Minggu (21/10).

Menurut Taufan, toleransi bukan semata-mata dipahami sebagai toleransi antar umat beragama. Tapi sebagai tindakan politik untuk tidak menggunakan stigma, kekerasan, dehumanisasi apalagi menggunakan berita bohong (hoaks) sebagai alat berpolitik.

“Fornas menyadari sebagai kekuatan politik kebangsaan dia harus mampu menjadikan masa lalu sebagai evaluasi dan agenda untuk diselesaikan,” beber Taufan melalui siarang persnya.

“Persoalan kemanusiaan, persoalan etika, sistem yang korup karena biaya politik yang tinggi ini merupakan tantangan sekaligus spirit bersama untuk dapat ditemukan satu sintesa,” sambungnya.

Dia menambahkan, keadaban masyarakat sebagai bangsa dapat dilihat dari caranya menyelesaikan masa lalu. Termasuk serta cara memformulasikan sistem yang mencegah orang masuk ke dalam jurang korupsi.

“Nah, kehadiran Fornas di Kabupaten Klaten harus dirasakan manfaatnya sebagai oase di tengah tengah keringnya kehidupan yang menekankan pada basis budaya lokal. Oleh karena itu kehadiran Fornas di Klaten untuk menghidupkan kembali nilai-nilai tersebut,” jelas pria yang berprofesi sebagai advokat tersebut.

Adapun acara turut hadir Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Klaten, Forkopimda Kabupaten Klaten, Komandan Distrik Militer (Dandim), Kepala Kepolisian Resor Klaten.

Kemudian jajaran Pemerintah Kabupaten Klaten, Octa selaku Perwakilan DPD, Abil selaku Ketua DPD Solo Raya, Arra Susanto selaku Ketua DPC Klaten dan jajarannya serta Pendeta Daniel Sukarno.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (sat/JPC)


Close Ads
Fornas Deklarasi di Klaten, Taufan Ingatkan Pentingnya Kebhinekaan