JawaPos Radar

Lapas Disini 70 Persen Napinya Teribat Kasus Narkoba

21/10/2017, 16:48 WIB | Editor: Soejatmiko
kampanye anti narkoba
para siswa SMA di Kota Malang Melakukan Kampanye anti narkoba (fiska tanjung/jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pelaku kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang rupanya masih mendominasi penghuni lembaga pemasyarakatan (LP) Lowokwaru Kota Malang. Kiranya ada sekitar 70 persen penghuni lapas yang mendekam karena kasus narkoba.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Malang Badriyah SH mengatakan, tahun 2016 lalu ada 216 kasus yang ditangani. Sedangkan jumlah tersangkanya ada sekitar 247 orang. "Rata-rata usia remaja. Tahun ini pasti bertambah, apalagi kalau kami melakukan operasi," ujarnya.

Menurut data hingga bulan Mei 2017 lalu, jumlah penghuni lapas sebanyak 2.257 orang. Dari jumlah tersebut terdiri dari 1.799 narapidana dan 458 tahanan.
Dia menyampaikan, sasaran penggunaan narkoba itu saat ini tidak hanya remaja, tetapi juga anak kecil. "Dari semua bentuk dan jenis. Makanya orang tua harus makin ketat mengawasi anak-anaknya," kata dia. Badriyah menerangkan, pihaknya juga mengajak Dinas Pertanian untuk menggalakkan menanam sayuran sehat.

"Masyarakat juga jangan sering meminum obat yang tidak sesuai aturan pakai atau resep dokter," imbaunya. Dia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memerangi penggunaan narkoba.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up