JawaPos Radar | Iklan Jitu

Setelah Ditinggal Ridwan Kamil, Bagaimana Nasib Bandung Ditangan Oded?

21 September 2018, 06:50:59 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Setelah Ditinggal Ridwan Kamil, Bagaimana Nasib Bandung Ditangan Oded?
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Istimewa Dok. Humas Jabar)
Share this

JawaPos.com - Pasangan Oded M Danial-Yana Mulyana resmi dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung 2018-2023. Pelantikan dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang juga sebagai mantan Wali Kota Bandung.

Lalu bagaimana nasib Kota Bandung setelah ditinggal Ridwan Kamil? Pasangan Oded-Yana akan menjalankan program 100 hari akan dimulai dengan program Bandung Beberesih, yang mencakup berbagai aspek yakni lingkungan, infrastruktur, birokrasi, jaminan sosial, kerja sama dan terutama Sumber Daya Manusia (SDM).

"Beberesih Bandung tidak terlepas dari keterlibatan Mang Oded selama ini terhadap isu lingkungan," kata Mang Oded sapaanya di Bandung, Kamis (20/9).

Setelah Ditinggal Ridwan Kamil, Bagaimana Nasib Bandung Ditangan Oded?
Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Siti Fatonah/JawaPos.com)

Sementara, sebagai wujud nyata program persampahan di Kota Bandung, Mang Oded akan mengoptimalkan program Kang Pisman untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat Kota Bandung. Program ini diharapkan jadi jawaban persoalan-persoalan persampahan yang menyentuh hingga faktor-faktor yang sifatnya mendasar.

Pesan Ridwan Kamil untuk Sang "Mantan"

Oded sendiri merupakan mantan Wakil Wali Kota Bandung. Selama lima tahun Ridwan Kamil bersama dengan Oded membangun Bandung. Kang Emil sapaan Ridwan Kamil mengaku terharu saat melantik "mantannya" itu.

"Saya terharu khususnya momen dengan Mang Oded. Kami dari sama-sama berjuang dan dilantik. Sekarang saya melantik beliau jadi ya (terharu) dan memang sudah takdirnya begitu," kata Kang Emil di Gedung Sate Bandung, Kamis (20/9).

Kang Emil yang terkenal aktif di media sosial ini, juga mengunggah sedikit pesan untuk Oded melalui akun Instagramnya @ridwankamil.

"Dulu 2013 saat masih oppa, dilantik bareng Mang Oded Danial, sekarang lima tahun kemudian sebagai ahjussi melantik beliau sebagai Wali Kota. Ada rasa haru biru lewat mencekat," tulis Kang Emil lewat Instagram @ridwankamil.

Kang Emil menitipkan Kota Bandung kepada Mang Oded untuk tetap meneruskan prestasi Kota Bandung. Juga sempat mempromosikan akun Mang Oded @mangoded_md agar para warga Bandung dan netizen memfollow akun tersebut.

"Titip Kota dan warga Bandung ya @mangoded_md. Warga Bandung tolong follow akun beliau untuk semua permasalahan Kota Bandung," tulisnya.

Oded Dilantik Bersama Lima Kepala Daerah Lainnya

Pelantikan enam kepala daerah di Jawa Barat digelar di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika Bandung, Kamis (20/9). Prosesi pelantikan sangat ramai dan disambut dengan tarian dan kesenian Lengser.

Keenam kepala daerah yang dilantik yakni Walikota dan Wakil Walikota Bandung, Walikota dan Wakil Walikota Bekasi, Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat, Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta, dan Bupati serta Wakil Bupati Sumedang.

Upacara pelantikan berlangsung pukul 09.00 sampai 10.30 WIB. Usai pelantikan, para Kepala Daerah diarak menggunakan 14 delman menuju Gedung Sate dengan rute Gedung Merdeka - Cikapundung - Braga - Viaduct - Wastukencana - Riau - Dago - Sulanjana - Dipenogoro.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up