JawaPos Radar

Sekolah Tahan Ijazah Akan Dilaporkan ke Gubernur Jateng

21/09/2018, 14:14 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Ties Setyaningsih
IJAZAH DITAHAN: Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Solo Ties Setyaningsih saat memberikan keterangan kepada wartawan, Jumat (21/9). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - SMA maupun SMK di Solo kedapatan banyak yang menahan ijazah siswa. Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo akan melapor perkara tersebut kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Pasalnya, tindakan sekolah menahan ijazah akan menyusahkan seseorang mencari pekerjaan. "Nanti saya akan lapor gubernur dan meminta agar sekolah tidak lagi menahan ijazah siswanya," tegas Rudy kepada JawaPos.com, Jumat (21/9).

Selama ini masih banyak sekolah terutama tingkat SMA maupun SMK yang menahan ijazah siswanya. Ini diketahuinya dari jumlah warga Solo yang meminta bantuan kepada Rudy. Kebanyakan, mereka meminta bantuan untuk meringankan tunggakan administrasi yang masih ditanggung siswa.

"Laporan orang tua ke saya banyak sekali. Mereka datang ke rumah dinas, kantor (Balai Kota), ke rumah saya yang di pinggir kali. Jadi memang masih banyak sekolah yang menahan ijazah. Itu membuat yang bersangkutan tidak bisa melamar pekerjaan," ucapnya.

Dari sekian banyak sekolah yang masih melakukan praktik tersebut, di antaranya SMKN 2 dan SMKN 6 Solo. Rudy akan menyampaikan hal ini kepada Ganjar Pranowo. Mengingat saat ini kewenangan pengelolaan sekolah berada di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. "Kalau ada yang minta bantuan, saya tetap melunasi. Saya tidak mau gratisan," katanya.

Sementara itu, Kepala SMKN 6 Solo Ties Setyaningsih membantah hal tersebut. Menurutnya, selama ini pihaknya tidak pernah sekalipun menahan ijazah siswanya. Sebaliknya, pihak sekolah justru sering melakukan pendataan untuk siswa dari keluarga miskin.

"Kami tidak pernah menahan ijazah siswa. Bahkan kalau ada siswa yang keberatan dengan besaran SPP, bisa diringankan. Dengan catatan ada komunikasi dengan kami," ucapnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up