JawaPos Radar

Petugas PJTKI Gadungan Gondol Rp 5,4 Juta

21/09/2018, 15:22 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Penipuan
Tersangka penipuan mantan TKI ditangkap aparat Polres Bantul. (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Amirudin, 37, harus berurusan dengan aparat Polres Bantul. Warga Desa Bumijo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng) itu diduga melakukan penipuan. Modusnya dengan menyaru sebagai petugas dari Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI).

Salah satu korbannya adalah Solikhah, 48, warga Dusun Dadabong, Desa Sedangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Rabu (5/9) lalu, pelaku mendatangi rumah korban yang merupakan mantan TKI untuk menawari pekerjaan.

Adapun pekerjaan yang ditawarkan berupa pengemasan alat-alat kesehatan dengan imbalan Rp 750 ribu per minggu. Namun dengan syarat memberikan kartu tanda bekerja luar negeri, serta uang senilai 1.500 real atau sekitar Rp 5,4 juta. Selain itu juga menyerahkan 4 buah handphone dan kalung serta cincin emas.

Pelaku datang ke rumah korban pukul 10.00 WIB untuk mengambil persyaratan. Selanjutnya, pelaku pergi dan akan kembali lagi pukul 15.00 WIB. Sekaligus mengantar barang-barang yang mau dipacking.

"Setelah ditunggu hingga malam, pelaku ternyata tak menepati janjinya untuk datang. Barang beserta uang dan perhiasan dibawa pelaku," Kepala Bagian Operasional Polres Bantul Kompol Donny Zuliyanto di Mapolres Bantul, Jumat (21/9).

Merasa ditipu, korban akhirnya melapor ke polisi. Petugas pun berhasil meringkus tersangka. Berdasarkan hasil pemeriksaan, tersangka sudah menjalankan aksinya selama 3 tahun. Modus sama dan semua sasarannya adalah mantan TKI.

Sementara itu, Amirudin mengaku mencari korban ke kampung-kampung. "Tanya di kampung, apa ada yang pernah ke Arab. Sudah 3 tahun, saya bekerja sendiri," akunya.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up