JawaPos Radar

Alasan Alex Noerdin Mangkir dari Panggilan Kejagung

21/09/2018, 17:20 WIB | Editor: Budi Warsito
Alasan Alex Noerdin Mangkir dari Panggilan Kejagung
Mantan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin. (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Mantan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin harus mangkir pada panggilan Kejaksaan Agung (Kejagung), Kamis (20/9) kemarin. Ia mangkir dari panggilan itu dikarenakan menghadiri pelantikan Penjabat Gubernur Sumsel di Palembang.

“Saya akan datang dan saya harus datang karena saya warga negara yang baik,” Kata Alex, Jumat (21/9).

Alex Noerdin mengaku, memang sudah dua kali dirinya tidak memenuhi panggilan ini. Yang pertama dikarenakan jadi pembicara di Birmingham dan yang kedua Kamis kemarin dikarenakan adanya pelantikan Penjabat Gubernur Sumsel.

"Pemeriksaan sebagai saksi ini merupakan hal yang biasa, karena setiap pejabat pernah mengalami hal serupa," ujarnya.

Ia melanjutkan, baik menteri bahkan Wakil Presiden sekalipun pernah menjadi saksi. Meskipun begitu, sebagai warga Negara yang baik tentu dirinya akan memenuhi panggilan tersebut.

Untuk diketahui, Alex Noerdin diperiksa sebagai saksi terkait perkara tindak pidana dugaan korupsi dana hibah dan bantuan social (Bansos) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel tahun anggaran 2013. Dimana penyidik Kejagung, telah menjebloskan dua pejabat Pemprov Sumsel ke penjara.

Dalam kasus tersebut, penyidik menemukan penyimpangan dalam perubahan anggaran untuk dana bansos. Anggaran semula dalam APBD untuk Hibah dan Bansos sebesar RP 1,4 triliun berubah menjadi Rp 2,1 triliun.

Selain itu, selama perencanaan hingga pelaporan pertanggungjawaban, terdapat dugaan pemotongan peruntukan fiktif dan ketidaksesuaian.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up