JawaPos Radar

Jadi Wakapolda Jatim, Iqbal Merasa Pulang Kampung

21/08/2018, 14:29 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Brigjen Pol M Iqbal
Brigjen Pol M. Iqbal saat mendatangi Gereja Santa Maria Tak Bercela (SMTB) usai aksi teror bom di Surabaya beberapa waktu lalu. (Dida Tenola/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Brigjen Pol M. Iqbal kembali ke Jawa Timur (Jatim). Selasa (21/8) ini, jenderal bintang satu itu resmi dilantik sebagai Wakapolda Jatim.

Prosesi serah terima jabatan (sertijab) diselenggarakan di Gedung Tribrata Mapolda Jatim. Iqbal menggantikam Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo yang dipromosikan sebagai Kapolda Riau. Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin memimpin prosesi pelantikan tersebut.

Selepas sertijab, Iqbal langsung menyapa awak media dengan senyum sumringah. Sesekali dia melontarkan guyonan khas Suroboyoan. Dia merasa pulang kembali ke kampung halaman. "Padahal baru kurang lebih sembilan bulan (berdinas di Mabes Polri, Red), sekarang sudah kembali lagi ke sini," tutur polisi asal Palembang tersebut.

Iqbal mengaku betah di Jatim. Selain merasa seperti kembali ke kampung sendiri, dia juga punya banyak teman di Surabaya dan Jatim secara luas. "Nang kene akeh konco lawas (di sini banyak teman lama, Red)," imbuhnya.

Ditanya soal program kerja, Iqbal menyampaikan bahwa agenda pengamanan Pileg dan Pilpres sudah ada di depan mata. "Tugas saya untuk membantu Bapak Kapolda Jatim baik secara internal maupun eksternal," terang alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 tersebut.

Sosok Iqbal memang sudah akrab dengan masyarakat Jatim, terutama Surabaya. Sebelum menjadi Karo Penmas Mabes Polri, Iqbal bertugas sebagai Kapolrestabes Surabaya.

Saat menjadi orang nomor satu di kepolisian Kota Pahlawan, Iqbal sukses mendirikan Command Center sebagai pusat pelayanan kepolisian berbasis IT. Iqbal juga dikenal dekat dengan Bonek, suporter Persebaya.

(did/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up