alexametrics

Di Semarang, Jokowi Kurban Sapi Benggala Berbobot 1 Ton

21 Agustus 2018, 20:02:41 WIB

JawaPos.comSapi kurban milik Presiden Joko Widodo tiba di komplek Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Semarang. Sapi berjenis benggala itu memiliki berat kurang lebih satu ton.

Panjaga hewan kurban di kawasan MAJT Wagiman, mengatakan, sapi tersebut tiba pada Senin (20/8) malam pukul 19.30 WIB. “Kalau sapi limosin milik pejabat lainnya sudah datang lebih dulu,” katanya saat dijumpai di lokasi, Selasa (21/8).

Wagiman menjelaskan, sapi kurban milik Jokowi ini berbobot kurang lebih 1 ton. Tingginya sekira 1,5 meter dan memiliki panjang 2,5 meter. Punuknya pun besar dan matanya terlihat bersih alias cerah. “Artinya sapi ini sehat dan bagus,” kata Wagiman.

Ia menyebut, sapi berwarna putih ini didatangkan dari sentra peternakan di Ungaran. Dengan bandrol di pasaran sesuai perkiraannya sekitar Rp 50 juta.

Wagiman sendiri mengaku secara khusus ditugasi menjaga sapi milik Jokowi ini. Yang tak lupa ia beri makan rumput serta minum. “Sapi Benggala asli Jawa perawatannya mudah. Tak pakai konsentrat seperti di peternakan, di sini cukup dikasih makan rumput dan jerami saja sudah mau,” sambungnya.

Sapi ini, sesuai rencana akan disembelih besok bersamaan dengan hewan kurban lainnya, termasuk sapi benggala milik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Jokowi jika tak berhalangan, dijadwalkan mengikuti prosesi shalat ied di MAJT. Selaku khotib di sana adalah Imam Besar Masjid New York Amerika Serikat, Syamsi Ali.

Jokowi sendiri selain di MAJT, diketahui juga berkurban di sejumlah lokasi. Seperti sapi seberat 1,5 ton di Masjid Istiqlal, sapi jenis simmental di Sulawesi Selatan, sapi kontes di Surabaya, dan beberapa tempat lain.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)



Close Ads
Di Semarang, Jokowi Kurban Sapi Benggala Berbobot 1 Ton