alexametrics

Awasi Penyembelihan Kurban, Dispertan Terjunkan Lima Tim

21 Agustus 2018, 18:30:09 WIB

JawaPos.com – Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispertan KPP) Solo akan menerjunkan lima tim untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban. Lima tim tersebut akan disebar di lima kecamatan yang ada di Solo. Tim bertugas melakukan pemeriksaan hewan kurban sebelum maupun sesudah disembelih. 

Kepala Dispertan KPP Solo, Wenny Ekayanti menjelaskan, untuk satu tim terdiri antara lima sampai 10 petugas. “Tim akan mulai diterjunkan atau ditugaskan besok. Mereka disebar di lima kecamatan dan juga tempat penyembelihan kurban,” katanya, Selasa (21/8)

Wenny menambahkan, pemeriksaan hewan kurban akan dilakukan secara dua tahap. Tahapan pertama yakni pemeriksaan sebelum disembelih. 

Pemeriksaan ini untuk memastikan, bahwa hewan kurban sudah layak untuk disembelih sesuai dengan syariat Islam. Kemudian, pemeriksaan tahap kedua akan dilakukan setelah hewan kurban disembelih.

“Pemeriksaan ini memastikan bahwa kondisi organ hewan kurban aman untuk dikonsumsi,” katanya. Menurutnya, pemeriksaan organ dalam hewan kurban penting untuk diperiksa. Mengingat, selama ini sering ditemukan organ hati sering ditemukan cacing. 

Sementara itu, berdasarkan data yang dimiliki Dispertan terdapat 3.000 titik penyembelihan. Nantinya, dari ribuan titik tersebut akan didatangi oleh tim Dispertan. Selain melakukan pemeriksaan, Dispertan juga akan melakukan pengawasan terhadap masuknya hewan kurban menjelang penyembelihan.

Mengingat, setiap menjelang penyembelihan banyak hewan kurban yang baru diantarkan. “Kami juga akan melakukan pengawasan untuk hewan kurban yang dikirim menjelang penyembelihan, biasanya banyak,” tukasnya. 

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Awasi Penyembelihan Kurban, Dispertan Terjunkan Lima Tim