JawaPos Radar

12 Desa di Kabupaten Malang Rentan Pangan

21/08/2018, 11:51 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Sawah
RENTAN: Lahan pertanian penyuplai pangan di Kabupaten Malang. Ada 12 desa yang rentan pangan. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sebanyak 12 desa dari 10 kecamatan di Kabupaten Malang masuk dalam peta kerentanan pangan. Demikian menurut hasil survei Dinas Ketahanan Pangan pada 2017 lalu.

Sepuluh desa tersebut antara lain Desa Girimulyo, Kecamatan Gedangan; Desa Taji dan Argosari Kecamatan Jabung; Desa Kaliasri dan Putukrejo Kecamatan Kalipare; Desa Pait, Kecamatan Kasembon; Desa Tulungrejo, Kecamatan Ngantang.

Selain itu ada juga Desa Sumberjati, Kecamatan Pagak; Desa Sumberejo, Kecamatan Poncokusumo; Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan; Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang; Desa Bambang, Kecamatan Wajak.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang Nasri Abdul Wahid menjelaskan, ada beberapa aspek yang menentukan kategori suatu wilayah termasuk dalam kategori rentan pangan atau tidak. Rawan pangan merupakan kondisi ketidak mampuan rumah tangga atau individu untuk mengakses dan mengonsumsi pangan dengan jumlah yang cukup dalam kurun waktu tertentu.

Penyebabnya bisa berupa gangguan produksi pangan atau persoalan daya beli. "Indikator utamanya adalah karena kurang beragamnya nutrisi maupun ketersediaan akses menuju pangan yang kurang memadai," kata Nasri, Selasa (21/8).

Dampak yang muncul adalah kelaparan, stunting, busung lapar, dan gizi buruk. Ketersediaan bahan pangan yang mencukupi juga tidak serta merta membuat suatu daerah dinyatakan bebas dari kategori rawan. "Kalau misal yang terpenuhi hanya karbohidratnya saja sementara yang lain tidak ada, maka nutrisinya akan tetap kurang," terang Nasri.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up