alexametrics

Gila! Permen Lolipop Rasa Ganja dan Sabu Mulai Beredar

21 Agustus 2015, 05:50:00 WIB

JawaPos.com–Peredaran narkotika kini semakin kreatif saja. Di Kabupaten Bogor, sekarang sudah ditemukan permen yang mengandung narkoba jenis ganja dan sabu-sabu.

Pengedar sengaja mencampurnya ke dalam bahan pembuat permen dengan maksud menyamarkan atau menghindari "ciuman" aparat, sekaligus membidik pasar di kalangan anak-anak dan pelajar.    

"Jenis ini diduga sudah beredar di Bogor, kami masih melakukan penelusuran," ujar Kepala BNN Kabupaten Bogor, Nugraha Setia Budi, kepada Radar Bogor (Grup JawaPos), Kamis (20/8)). 

Permen yang sudah beredar antara lain berbentuk permen gagang dengan kemasan berlabel Cannabis. Permen ini diduga mengandung ganja. Selain itu, ada lagi tiga permen lainnya jenis lolipop warna-warni, yang katanya mengandung bahan pembuat sabu-sabu.

"Jenis-jenis permen seperti ini yang harus diwaspadai," ujarnya.Namun demikian, Budi mengatakan sulit membedakan jenis permen yang mengandung narkoba secara kasat mata. Apalagi bagi orang awam.

Bisa jadi, permen dengan merk atau jenis lain juga dimanfaatkan pengedar narkoba untuk mengelabui petugas. "Ciri-ciri bisa dikenali dari perubahan perilaku anak," katanya.

Perubahan yang dimaksud, misalnya, anak yang tadinya periang tiba-tiba menjadi pendiam, dan meningkatnya kebutuhan uang jajan sehari-hari secara drastis. "Yang paling berbahaya kalau perilakunya sudah mengarah pada pencurian," tambahnya.

Menurut Budi, kalau sudah kecanduan, konsumen akan melakukan segala cara untuk mendapatkan narkoba. Untuk melakukan pencegahan, BNN Kabupaten Bogor, terus mensosialisasikan hal ini dari mulai Posyandu hingga ke sekolah-sekolah, karena pelajar kini menjadi target pasar peredaran narkoba.(ful/jpg)

Editor : Ronald



Close Ads
Gila! Permen Lolipop Rasa Ganja dan Sabu Mulai Beredar