alexametrics

Tergelincirnya Malindo Air Tak Terkait Kelayakan Landasan Pacu

21 Juni 2019, 13:30:05 WIB

JawaPos.com – Insiden penerbangan terjadi di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, kemarin (20/6). Pesawat Malindo Air dengan tujuan Kuala Lumpur, Malaysia, tergelincir saat hendak lepas landas pukul 14.25.

Dari pemantauan Radar Bandung sekitar pukul 15.30, lalu lintas di jalan utama menuju Bandara Husein Sastranegara sempat macet. Di area landasan, tampak pesawat nahas itu dikerumuni petugas. Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menyatakan, Malindo Air keluar dari landasan pacu (runway excursion).

Insiden tersebut terjadi saat pesawat berbelok sebelum lepas landas. Pesawat dengan mesin Boeing 737-800NG beregistrasi 9M-LCK itu mengangkut 122 orang yang terdiri atas 114 penumpang dan 8 kru. “Seluruh penumpang dan awak pesawat selamat dan telah dievakuasi dengan aman. Saat ini Malindo Air sedang mengatur rencana perjalanan penumpang,” jelas Danang dalam rilis yang diterima Radar Bandung kemarin.

Dia menyatakan, saat ini pesawat sedang dievakuasi. “Malindo Air meminta maaf atas ketidaknyamanan dan menegaskan kembali bahwa Malindo Air mengutamakan keselamatan,” tegasnya.

Sementara itu, pengamat penerbangan Alvin Lie mengungkapkan, kejadian tersebut murni kecelakaan dan tidak ada kaitan dengan kelayakan landasan bandara. “Tidak ada urusan. Saya sudah lihat data-datanya,” ujarnya kepada Radar Bandung melalui telepon tadi malam.

Dia menambahkan, Bandara Husein Sastranegara sudah mendapat sertifikasi kelaikan dan standar internasional. Karena itu, insiden tersebut tidak berhubungan dengan landasan pacu. “Kalau tidak memiliki standar tersebut, tidak mungkin pesawat-pesawat turun di Husein Sastranegara. Asuransi juga tidak akan menjamin,” jelasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (azs/c5/oni)


Close Ads