alexametrics

Perempuan Melahirkan di Kereta, KAI Perketat Kondisi Fisik Penumpang

21 Juni 2018, 10:36:11 WIB

JawaPos.com – Peristiwa penumpang yang melahirkan di gerbong Kereta Api Kertajaya di Jawa Tengah, Minggu (17/6) kemarin, sempat membuat heboh. Terkait dengan hal itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) pun akan melakukan pengetatan terhadap penumpang.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro tidak menerangkan bagaimana upaya tersebut akan dilaksanakan. Hanya saja, dia mengimbau kepada petugas agar waspada terhadap penumpang yang berpotensi melanggar aturan.

“Sudah jelas bahwa kami punya peraturannya. Bahwa, memang tidak boleh orang (hamil) naik kereta api,” kata Edi ditemui wartawan di stasiun Gubeng Baru, Surabaya, Rabu (20/6).

Perempuan Melahirkan di Kereta, KAI Perketat Kondisi Fisik Penumpang
Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro menginspeksi kesiapan arus balik di stasiun Gubeng Baru, Surabaya. (Aryo Mahendro/JawaPos.com)

Tak hanya kewaspadaan terhadap kondisi fisik calon penumpang. Edi juga memerintahkan jajarannya agar waspada terhadap barang bawaan calon penumpang.

Beberapa diantaranya yang dilarang lanjutnya, adalah barang bawaan berupa hewan dan bobotnya. Hanya, untuk soal kelebihan bobot, calon penumpang hanya akan dikenakan biaya tambahan.

“Karenanya, saya pesan bagi calon penumpang agar membawa barang yang diperlukan saja,” imbau Edi.

Sebelumnya diberitakan, Nuzulul Hikmah, warga Desa Komis, Kabupaten Sampang Madura, Jawa Timur, harus dilarikan ke rumah sakit usai melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan.

Hal itu dilakukan karena, ibu muda berusia 23 tahun itu melahirkan saat tengah dalam perjalanan kereta api (KA) Kertajaya Lebaran Relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi, Minggu (17/6).

Humas PT. KAI Daop 4 Semarang, Suprapto mengatakan, peristiwa ini sempat membuat heboh para penumpang yang ada di dalam gerbong. Lantaran, Nuzulul yang ditemani suaminya Jamil, 31, itu baru merasakan kontraksi kehamilannya saat KA masih dalam perjalanan menuju daerah Kaliwungu.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (HDR/JPC)


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Perempuan Melahirkan di Kereta, KAI Perketat Kondisi Fisik Penumpang