JawaPos Radar | Iklan Jitu

April 2019, NYIA Kulon Progo Bisa Dioperasikan

21 Juni 2018, 15:08:46 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
April 2019, NYIA Kulon Progo Bisa Dioperasikan
BANDARA: Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I Faik Fahmi saat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, pada Rabu (20/6) (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo direncanakan dioperasionalkan pada 2019 nanti. Meski pekerjaan fisiknya belum 100 persen, namun sebagai pembuka akan diawali dengan penerbangan pesawat-pesawat besar yang menuju ke Jogja.

Pengoperasian bandara baru tersebut bisa dilakukan dengan catatan runway selesai dibangun sepanjang 3.250 meter, apron 50 persen, dan terminal antara 35 sampai 40 persen. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I Faik Fahmi saat ditemui di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Rabu (20/6).

"Dengan kondisi itu sudah bisa melakukan minimum operasi, walaupun sifatnya belum seratus persen selesai. Runway sudah bisa didarati pesawat besar. Nanti akan diawali penerbangan pesawat besar langsung ke Jogjakarta," ujarnya.

Saat ini dalam pembangunan bandara di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo tersebut baru masuk dalam tahap konstruksi. Pihaknya meyakinkan target kurun waktu tersebut akan selesai pada waktunya.

Bandara internasional itu juga nantinya akan mendongkrak perekonomian sekitar. Seperti dari sisi masuknya wisatawan asing, yang sebelumnya hanya melalui Denpasar dan Jakarta saja serta kargo.
Pihaknya juga telah menawarkan beberapa airline baik domestik maupun asing. Untuk mengambil rute yang masuk langsung ke NYIA.

"Garuda tertarik beberapa airline asing juga tertarik. Dari dulu sudah ada permintaan penerbangan untuk rute internasional ke Jogja," katanya.

Selain NYIA, fokusnya juga pengembangan bandara di Semarang, Jawa Tengah agar bisa dilalui rute penerbangan internasional. Di Bandara Ahmad Yani itu hanya tinggal menambah 240 meter saja untuk runway. "Jadi turis asing yang mau ke Jawa Tengah nanti bisa melalui Semarang," ucapnya.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up