alexametrics

43 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta

21 Juni 2018, 17:29:06 WIB

JawaPos.com – Lonjakan arus balik Lebaran menuju arah Jakarta diprediksi terjadi akhir pekan, Sabtu (23/6) dan Minggu (24/6). Mengingat belum semua pemudik bertolak kembali ke Jakarta. Baik melalui ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) maupun di jalur arteri Pantura Cirebon.

Akhir pekan mendatang, kepadatan kendaraan diprediksi meningkat. Terhitung hingga Kamis (21/6) pagi, tercatat masih ada sekitar 43,4 persen pemudik yang belum kembali ke Jakarta dan daerah sekitarnya.

“Masih ada sekitar 43,4 persen pemudik yang kembali ke Jakarta dan daerah sekitarnya yang melintasi Tol Cipali. Dari data kami, kendaraan yang sudah melintas di Tol Cipali sudah 56,6 juta,” ujar General Manager (GM) Operasional PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Suyitno kepada JawaPos.com.

Kamis (21/6) dini hari pukul 00.00 WIB, arus lalu lintas di Tol Cipali terpantau padat merayap. Iring-iringan kendaraan roda empat menjejali pintu masuk Gardu Tol Palimanan.

Meski kepadatan kendaraan berkurang dari hari sebelumnya, Tol Cipali menuju Jakarta diberlakukan sistem satu arah. Tujuannya untuk mengurai penumpukan kendaraan di ruas tol.

Jumlah kendaraan yang melintas di Tol Cipali dari Rabu (20/6) hingga Kamis pukul 01.00 WIB, ada 67.855 unit dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta. Dari arah sebaliknya, kendaraan yang melintas tercatat 8.632 unit. Setelah pukul 17.00 WIB Tol Cipali memberlakukan sistem satu arah.

Sementara pada Kamis (21/6) pagi ini, arus kendaraan terbilang masih normal. Tercatat, 16.693 kendaraan masuk ke Gardu Tol Palimanan dari arah Jawa Tengah. Sementara arah sebaliknya, tercatat hanya 1.175 kendaraan. Untuk di ruas jalur arteri Pantura Cirebon, tercatat 27.083 kendaraan menuju arah Jakarta.

Wadirlantas Polda Jabar AKBP Risto Samodra mengatakan, arus kendaraan di ruas Tol Cipali masih terlihat ramai lancar dan normal. Kepadatan kendaraan belum terjadi seperti kondisi lalu lintas dua hari terakhir. “Arus kendaraan baik di ruas Tol Cipali maupun di jalur arteri masih lancar. Belum ada tanda-tanda lonjakan seperti kemarin,” imbuh Risto.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (wiw/JPC)



Close Ads
43 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta