alexametrics

Muhaimin Iskandar Minta Indonesia Tangani Konflik Internasional

21 Mei 2022, 12:52:55 WIB

JawaPos.com–Banyak permasalahan yang terjadi di berbagai belahan dunia. Selain pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya sirna, konflik juga terjadi di berbagai negara.

Menurut Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, kondisi yang paling panas saat ini adalah perang antara Rusia dan Ukraina. Seluruh dunia pun harus turun tangan menyelesaikan masalah itu.

”Konflik Rusia dan Ukraina ini kalau tidak segera diselesaikan bisa berdampak serius pada dunia. Imbasnya luar biasa. Saat ini saja ribuan warga Ukraina terpaksa mengungsi ke Eropa dan menjadi homeless. Ini menjadi persoalan dunia yang harus segera diselesaikan,” kata Muhaimin pada Sabtu (21/5).

Dia menilai, konflik Rusia-Ukraina berdampak pada perekonomian dunia. Harga minyak dan gas merupakan 2 komoditas yang dikhawatirkan terus melonjak dan pasokan ke sejumlah negara terganggu. Rusia merupakan salah satu produsen dan pengekspor bahan bakar fosil terbesar di dunia. Begitu pula dengan berbagai komoditas lainnya.

”Hal yang paling mengerikan adalah dampak kemanusiaan. Berapa ribu bahkan jutaan orang yang akan meninggal dunia jika perang tidak segera dihentikan,” ujar Muhaimin.

Selain perang Rusia-Ukraina, persoalan konflik Israel dengan Palestina juga terus berlarut. Muhaimin menyatakan, tidak melihat ada tanda-tanda bakal berhenti juga menjadi persoalan serius yang harus segera diakhiri.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: