alexametrics

Sambut Hari Kartini, Patwal Srikandi Angling Dharma Diluncurkan

21 April 2018, 02:30:55 WIB

JawaPos.com – Satuan Lalu Lintas Polres Bojonegoro me-launching Patwal Srikandi Angling Dharma. Srikandi Satlantas itu merupakan penunggang Brigade Motor (BM) Patwal yang bertugas melaksanakan patroli dan pengawalan di dalam kota.

Dua personil yang menjadi Patwal Srikandi Angling Dharma adalah Brigadir Polisi Dua (Bripda) Putri Dila Maya Sari dan Bripda Ike Yunitasari. Keduanya nampak gagah ketika menunggang motor gedhe (moge) 900cc dengan silinder empat yang digunakan untuk pengawalan itu.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli menyampaikan, dua polisi wanita (Polwan) yang bertugas mengendarai motor BM Patwal ini sebagai contoh bahwa tugas polisi di Polres Bojonegoro memiliki tanggung jawab yang sama. 

“Tujuannya melanjutkan kembali perjuangan Kartini, memperjuangkan kesetaraan gender. Polwan di Polres Bojonegoro juga mendapat hak yang sama,” terang AKBP Ary Fadli, Jumat (20/4).

Sehingga, kata dia, kompetensi polwan harus ditingkatkan, tensi dan kemampuan dalam menjalankan tugas. Sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa dilakukan secara prima. Polwan yang ada satlantas ada delapan personil. Namun, dua personil yang bergabung dengan barisan BM Patwal.

“Karena memang motor besarnya (BM Patwal) baru dua,” kata Kapolres yang baru menjabat dua hari di Polres Bojonegoro itu.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bojonegoro Aristianto Budi Sutrisno mengatakan, kedua polwan itu sebelumnya sudah mendapat pelatihan khusus dari anggota Satlantas Polres Bojonegoro. 

Keduanya terlihat menguasai kendaraan yang memiliki empat kali beban dari kendaraan biasanya itu. Dalam aksinya mereka bisa mengendarai dengan medan zig-zag maupun melingkar.

“Teknik keseimbangan yang perlu dikuasai, karena berat kendaraan empat kali lebih berat dari motor biasanya,” kata Aristianto Budi Sutrisno.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (yud/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Sambut Hari Kartini, Patwal Srikandi Angling Dharma Diluncurkan