alexametrics
Hari Kartini

Pada Era Milenial, Perempuan Harus Berwawasan Dan Mental Tangguh

21 April 2018, 11:00:36 WIB

JawaPos.com – Pejabat Sementara (Pjs) tim penggerak PKK Kota Bandung, Emma Siti Fatima Solihin menilai perempuan harus memiliki wawasan yang luas dan bermental tangguh. Peran perempuan kini sudah tidak ada bedanya dengan laki-laki, hanya saja dibatas kodrat. Selebihnya emansipasi wanita sudah ditegakkan di Indonesia.

Istri Pjs Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin mengatakan perihal perempuan harus berwawasan karena dirinya akan menjadi tombak dalam pendidikan keluarga bagi anak-anaknya. Sedangkan mental tangguh akan membuat generasi penerus semakin kuat dalam menegakan suatu kebenaran.

Pada peringatan hati Kartini, Emma mengajak para perempuan baik generasi muda maupun orang tua untuk meneladani sikap mental Kartini. Hal itu untuk membangun dan bangkit di zaman emansipasi wanita. Dengan mengimplementasikan suatu gagasan atau karya yang membanggakan.

“Banyak sekarang perempuan yang bekerja dan bisa berkarya sesuai dengan minatnya. Itu sudah bagus, apalagi peeemouan Bandung dinilai kreatif-kreatif,” kata Emma di Bandung, Kamis (19/4).

Maka dengan kreatifitas dan hasil yang mampu memberikan nilai ekonomi maka kesetaraan gender sudah diimplementasikan. Perempuan yang juga Kepala Bidang Pembinaan dan Pengendalian, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Jawa Barat itu mengingatkan hari kartini jangan hanya sekedar seremonial melainkan aksi nyata. Terlebih bagi perempuan generasi milenial, harus lebih cerdas, kreatif, beretika, dan juga soleh.

Selaku Ibu, Emma pun harus membagi waktu. Walaupun dirinya mengemban amanah suatu jabatan, tetap kondrat sebagai Ibu harus tetap berjalan berbarengan. “Ibu harus bisa mendidik anak dan juga istri yang taat kepada suami,” ucapnya.

Perihal emansipasi di Bandung sudah terwujud, bisa dibuktikan dengan hadirnya para pegawai di wilayah Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yakni sudah melebihi 30 persen peran wanita dalam sebuah instansi. Kurang lebihnya sekitar 32 persen Pemkot Bandung diperani seorang perempuan.

Namun, kata dia, emansipasi wanita tidak melulu harus terjun dalam dunia perpolitikkan saja. Terpenting adalah peran perempuan dalam keluarga. Yakni peran seorang Ibu berwawasan dalam segi kesehatan, pendidikan, dan lainnya. “Karena dari Ibu yang smart akan lahir anak-anak yang berwawasan. Kita berupaya dan berikhtiar, berperan serta dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan kehidupan bangsa,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (ona/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Pada Era Milenial, Perempuan Harus Berwawasan Dan Mental Tangguh