alexametrics

Inspiratif, Istri Polisi Ciptakan Lagu Kartini Impian

21 April 2018, 22:23:57 WIB

JawaPos.com – Jemari Putu Candrawati nampak lincah mencacah fret gitar akustik miliknya. Suaranya merdu bak penyanyi profesional tanpa kehilangan pitch kontrol. Satu per satu lagu dijajalnya bersama beberapa polisi wanita.

Perempuan yang satu ini merupakan Kartini masa kini yang bisa dijadikan inspirasi. Dia mampu menciptakan lagu yang cukup apik. Terhitung, sudah 65 lagu dengan berbagai genre yang dia ciptakan.

Salah satu lagunya menceritakan tentang perjuangan Raden Ajeng Kartini, sebagai pahlawan emansipasi wanita.

“Kau tegaskan kami akan sesuatu. Impian mesti dijalani. Kartini Bangsa, Pelita raga dan jiwa. Terima kasih atas segalanya, atas jasa bagi kaumnya. Kartini Bangsa impian yang tertunda. Menjadi agenda wanita Indonesia,” begitu potongan lirik lagu berjudul Kartini Impian yang dia ciptakan.

Istri dari Kepala Biro SDM Polda Sumut Kombes I Ketut Suardana itu memang sudah lama memiliki hobi bermusik. Lagu Kartini Impian memang sengaja dia ciptakan untuk mengenang pejuang emansipasi.

Lagu itu juga dia ciptakan untuk menginspirasi perempuan di Indonesia. Dia ingin meneruskan perjuangan Kartini yang menginginkan perempuan Indonesia bangkit.

“Karena sampai saat ini juga saya belum temukan lagu, lebih khusus untuk perempuan Indonesia yang bernuansa kontemporer,” kata perempuan berwajah cantik itu.

Lagu soal Kartini itu diciptakannya saat mendampingi suami saat bertugas di Sulawesi Tengah pada 2013 lalu. Lagu itu sebenarnya dibuat untuk memberikan semangat para Polisi Wanita Indonesia yang punya tugas dan tanggung jawab yang nyaris tidak berbeda dengan polisi laki-laki. 

“Saya memang terinspirasi dari Raden Ajeng Kartini, Bagi saya dia itu memang sosok yang mendunia. Bahkan mungkin, nama RA Kartini memang sudah mendunia. Beliau sudah memberikan banyak sumbangsih untuk kemajuan perempuan Indonesia,” ujarnya.

Selama bertugas di Sumut, dia juga sering mengajarkan lagu itu kepada Polwan. Dia ingin, para Polwan paham seperti apa perjuangan Kartini.

“Nilai dalam lagu itu, adalah ketegaran, Semangat untuk berjuang, Untuk memajukan diri sendiri, dan untuk menyetarakan, diri secara gender dengan laki-laki. Dan mewujudkan misi kartini,” katanya.

Seluruh lagu yang pernah dia ciptakan punya banyak genre. Mulai dari Pop hingga RnB diciptakannya sendiri. Bahkan salah satu band nasional pernah membawakan lagu ciptaannya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Inspiratif, Istri Polisi Ciptakan Lagu Kartini Impian