alexametrics

Hore, Terminal Tirtonadi Segera Dilengkapi Pusat Perbelanjaan

21 April 2018, 16:19:05 WIB

JawaPos.com – Pembangunan lanjutan untuk pemanfaatan Terminal Tirtonadi Solo segera dilakukan. Dalam waktu dekat ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera melakukan lelang untuk pembangunan lantai dua terminal.

Hal itu sebagaimana disampaikan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi di sela-sela mengunjungi Terminal Tirtonadi, Sabtu (21/4).

Budi berujar, jika nantinya Terminal Tirtonadi akan dikonsep menjadi kawasan Transit Oriented Development (TOD). Dengan konsep tersebut akan ada kegiatan yang berpusat di terminal.

Misalkan saja seperti pusat perbelanjaan, ballroom, apartemen dan juga kegiatan lainnya. “Dengan banyaknya kegiatan di terminal diharapkan bisa menjadi nilai tambah, baik bagi masyarakat maupun bagi pemerintah daerah,” terangnya.

Mengenai sistem pengelolaan atau pun pembangunan terminal, Budi menjelaskan nantinya akan dilakukan dengan kerja sama pemanfaatan (KSP). Dengan begitu, untuk anggaran pembangunannya sepenuhnya akan ditanggung oleh investor. Selanjutnya investor akan mendapatkan konsesi pengelolaan dengan waktu 30 tahun.

“Kami segera melelangkannya, jika dalam waktu dekat sudah ada peminat maka dalam dua bulan ke depan akan dimulai groundbreaking atau pembangunan awal,” katanya.

Untuk nilai investasi mulai dari lantai dua sampai dengan lantai lima, Budi mengatakan nilainya mencapai Rp 119 miliar. Meski nantinya terminal akan dilengkapi dengan pusat perbelanjaan dan lainnya, Budi meyakinkan kegiatan utama di terminal akan tetap berjalan.

Seperti ramp check, time table dan juga kegiatan lainnya. Hanya saja, dengan penataan ini kawasan terminal akan lebih tertata ke depannya. “Ramp check ini akan tetap kami lakukan, karena kegiatan ini untuk memastikan bus laik jalan atau tidak. Kemudian ke depan kami akan memindahkan agen-agen bus yang masih berjualan di luar terminal untuk masuk ke dalam terminal. Sehingga, para penumpang bisa langsung membeli tiket bus di dalam terminal,” ucapnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)



Close Ads
Hore, Terminal Tirtonadi Segera Dilengkapi Pusat Perbelanjaan