alexametrics

Usai Savana, Masyarakat Diminta Waspada Siklon Veronika

21 Maret 2019, 19:22:35 WIB

JawaPos.com – Setelah badai Savana yang mengakibatkan banjir di Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) pada Minggu (17/3), masyarakat diharapkan tetap waspada. Karena adanya siklon Veronika yang juga berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait adanya siklon itu. “Kami telah mendapat informasi tentang Siklon Veronika,” katanya, saat dihubungi Kamis (21/3).

Dengan munculnya sikon tersebut, wilayah DIJ berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat selama 2-3 hari ke depan. Untuk itu pihaknya meminta kepada masyarakat agar tetap menjaga kewaspadaannya terhadap adanya ancaman bencana. “Kami telah sosialisasikan juga ke masyarakat mengenai adanya siklon itu,” ucapnya.

Lanjut Edy, untuk kerugian akibat badai Savana pada Minggu (17/3) pihaknya masih melakukan pendataan. Namun pihaknya sudah membuat proyeksi memakai dana hibah dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam upaya pemulihannya.

Ia menyebut anggaran sekitar Rp 9 miliar dari hibah itu sebenarnya untuk pemulihan akibat Badai Cempaka pada akhir 2017 lalu. Yakni pembangunan jembatan yang rusak. Namun karena sudah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, maka dana itu nanti bisa dialihkan untuk pemulihan akibat Badai Savana ini. Yakni melakukan relokasi untuk sekolah yang menjadi langganan banjir. “Dana itu nanti untuk pembangunan gedung (sekolah),” ucapnya.

Sementara, Kepala Disdikpora Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rasyid menambahkan, pihaknya melakukan pendataan untuk sekolah tingkat SD dan SMP yang terdampak badai tersebut. “Sekolah tingkat SMA kewenangan dari Provinsi,” katanya.

Ada sebanyak 8 sekolah yang terdampak dari badai itu. Yakni SMP 1 Tanjungsari, SMP 1 Purwosari, SMP 3 Semanu, SMP 3 Gedangsari , SMP 3 Saptosari, dan SD Saptosari, serta SD Petoyan 1 dan 2. Untuk yang direlokasi yakni SMP 3 Saptosari karena sudah menjadi langganan banjir. “Nanti akan menggunakan dana dari BPBD,” ucapnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Usai Savana, Masyarakat Diminta Waspada Siklon Veronika