alexametrics

Polda Sumut Buru Penyebar Hoaks Surat Suara Tercoblos 01 Lainnya

21 Maret 2019, 16:35:31 WIB

JawaPos.com – Polda Sumatera Utara masih terus melakukan pengembangan untuk memburu pelaku penyebar hoaks surat suara tercoblos 01 lainnya. Penyelidikan tengah dilakukan.

“Sekarang kita masih mengejar pelaku yang dilaporkan oleh KPU Medan,” ujar Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, Rabu (21/3).

Sebelumnya Tim Cyber Polda Sumut sudah menangkap laki-laki berinisial UR di Jawa Barat. Dia merupakan salah satu pelaku penyebar hoaks surat suara tercoblos. Kini ia ditahan di Mapolda Sumut untuk pengembangan lebih lanjut.

Nainggolan enggan mendetil lebih lanjut soal pelaku yang masih dalam pengejaran. Yang pasti katanya, pelaku berada di luar Sumut.

“Dia (Pelaku) bukan berada di Sumut,” tegasnya.

Akun yang digunakan pelaku juga tidak asli. Dia menggunakan akun samaran untuk mengelabui aksinya. Hal ini juga yang membuat polisi kesulitan melakukan pengungkapan. “Pelaku memang sering berganti-ganti akun,” sebutnya.

Soal motif yang dilakukan pelaku, pihak Polda Sumut juga masih melakukan penyidikan terhadap pelaku yang sudah ditangkap. “Nanti akan dijelaskan saat rilis,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, KPU Sumut dan Medan resmi melaporkan video hoaks surat suara tercoblos 01 ke Mapolda Sumut, pada Minggu (3/3) lalu. Laporan dibuat, karena video tersebut dianggap dapat memprovokasi dan menjelekkan nama baik KPU sebagai penyelenggara Pemilu.

Untuk tersangka UR, Video itu diketahui di posting oleh akun Facebook atas nama Muhamad Adrian dan Kusmana. Dalam postingannya, UR menambahi keterangan yang bernada provokatif.

“Memang keparat kau KPU di Sumatera Utara. Surat suara sudah tercoblos 01 semua?,” ujar Adrian dalam postingannya.

Sedangkan untuk pelaku yang menggunakan akun Kusmana (masih dikejar) menuding, video yang menggambarkan kericuhan terjadi di KPU Kota Medan. Padahal nyatanya, video tersebut adalah kericuhan di Kabupaten Tapanuli Utara, pada Pilkada serentak yang lalu.

“KPU Medan digrebek warga sedang mencoblos surat suara 01. Kecurangan sudah mulai terlihat secara nyata. Keburukan rezim Jokowi dan koalisinya mulai terbongkar. Penguasa bangsat,” ujar Kusmana dalam video yang diunggah Sabtu (2/3).

Editor : Budi Warsito

Reporter : Prayugo Utomo

Copy Editor :

Polda Sumut Buru Penyebar Hoaks Surat Suara Tercoblos 01 Lainnya