alexametrics

Polda Jateng Turun Tangan Selidiki Kasus Hiu di Karimunjawa

21 Maret 2019, 17:45:51 WIB

JawaPos.com – Kepolisian Daerah Jawa Tengah turun tangan menyelidiki kematian hiu-hiu di Pulau Menjangan Besar, Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Tim dari Direktorat Kriminal Khusus diterjunkan guna menginvestigasi peristiwa ini.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Triatmadja mengatakan, pihaknya telah bergerak semenjak dilapori kasus ini. Mulai dengan mengambil sampel air dalam dan luar kolam, hingga daging hiu yang mati.

“Sudah ada tim yang diterjunkan. Tapi masih di tingkat penyelidikan,” katanya, Kamis (21/3).

Saat ini, menurut Agus, tim dari pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Jepara. “Kami juga menunggu hasil laboratorium penyebab kematiannya,” sambungnya.

Sampel daging hiu mati beserta air laut itu sendiri diketahui diserahkan ke laboratorum di Wates, Jogjakarta. Paling tidak dibutuhkan waktu sekitar 21 hari untuk mengetahui hasilnya. 

Diberitakan sebelumnya, puluhan hiu penghuni kolam pemeliharaan di perairan Pulau Menjangan Besar, zona budidaya bahari Taman Nasional Karimunjawa mati mendadak pada Kamis (7/3) lalu. Dari Taman Nasional Karimunjawa menyebut ada sekira 40-45 ekor yang mati.

Kematian tidak hanya dialami oleh hiu saja, ikan jenis badong, kerapu, dan seluruh penghuni kolam itu mengalami nasib serupa. Air pada kolam di mana ikan-ikan ini mati pun ditemukan dalam kondisi berwarna kuning.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro



Close Ads
Polda Jateng Turun Tangan Selidiki Kasus Hiu di Karimunjawa