alexametrics

Perkenalkan Bus Listrik, Transjakarta Akan Uji Coba Selama 6 Bulan

21 Maret 2019, 14:18:46 WIB

JawaPos.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali membuat inovasi yang menarik bagi warga Jakarta. Kali ini, Transjakarta mengenalkan bus listrik yang ramah lingkungan.

Bus listrik tersebut dipameran di acara Busworld Jiexpo Kemayoran Hall B3, Jakarta Pusat. Namun Dirut PT Transjakarta Agung Wicaksono menyatakan warga dapat mencobanya dalam uji coba yang akan dilakukan selama enam bulan.

“Kapan dimulainya? tentunya bergantung pada kesiapan mitra. Hari ini kami liat sudah ada tiga armada. Untuk mencapai kesiapan itu diuji cobakan di kami, armada ini harus memenuhi regulasi dalam hal uji tipe. Kalau bisa mulai di tahun ini, kira-kira sekitar enam bulan,” ucap Agung di lokasi Kamis (21/3).

Perkenalkan Bus Listrik, Transjakarta Akan Uji Coba Selama 6 Bulan
Interior bus listrik yang dikenalkan oleh Transjakarta (Reyn Gloria/JawaPos.com)

Ia menyatakan bus canggih ini memang bukan langsung dimiliki Transjakarta, namun ada beberapa operator yang menjadi mitra. Operator tersebut dipastikan yang akan mengoperasikan bus listrik tersebut.

Agung mengatakan bahwa Transjakarta sendiri akan membayar biaya operasionalnya. Selain itu, semua hal terkait uji coba akan sekaligus dipakai mengkaji berapa besaran biaya yang harus dikeluarkan dalam pengoprasian bus tersebut.

“Transjakarta tidak akan memiliki armada ini. Armada akan dimiliki dan dioperasikan oleh para operator yang menjadi mitra Transjakarta. Diperkirakan biaya operasionalnya akan rendah,” jelasnya.

Untuk diketahui, ada dua jenis bus yang dipamerkan, yang pertama adalah BYD K9. Bus ini memiliki jarak tempuh hingga 250 kilometer dengan kecepatan maksimal hingga 70 kilometer per jam. Bus didatangkan oleh Bakrie Autopart dan membutuhkan sekitar tiga jam untuk mengisi daya dari keadaan kosong hingga penuh.

Lalu, yang kedua bus MAB adalah seri MD12-E yang berjenis lower deck dengan kapasitas penumpang 60 orang. Bus ini mampu menempuh jarak 250 kilometer dan rendah emisi. Meski hampir sama secara fisik tapi komponen yang dimiliki oleh bus ini bakal memiliki biaya perawatan yang rendah.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria

Close Ads
Perkenalkan Bus Listrik, Transjakarta Akan Uji Coba Selama 6 Bulan