alexametrics
Sidang Lanjutan Perkara Pencemaran Nama Baik

Pengacara Ahmad Dhani Banyak Ajukan Pertanyaan di Luar Keahlian Saksi

21 Maret 2019, 17:08:28 WIB

JawaPos.com – Sidang lanjutan perkara pencemaran nama baik dengan terdakwa Ahmad Dhani Prasetyo berlangsung cukup sengit, Kamis (21/3). Banyak perdebatan antara saksi ahli Dosen UPN Veteran Jatim Endang Solihatin dengan tim kuasa hukum Ahmad Dhani.

Perdebatan itu kerap terjadi karena kuasa hukum banyak menanyakan hal yang di luar bidang keahlian saksi. Jelas saja saksi ahli tidak memahami pertanyaan kuasa hukum.

“Apakah jika seseorang dalam keadaan tertekan, lalu melontarkan kata-kata (idiot), bagaimana menurut Saudara ahli?” tanya pengacara Ahmad Dhani, Aldwin Rahadian kepada Endang.

Selain itu, Aldwin banyak mempertanyakan arti dan definisi kata ‘ini’ yang dilontarkan Ahmad Dhani pada videonya. Salah satunya, dia bertanya kepada saksi hukumnya pencemaran nama baik yang harus menyebut orang per orang. Endang menjawab bahwa dirinya tidak tahu soal aturan itu.

Soal kata ‘idiot’, Endang menganggap bahwa hal itu merupakan hinaan yang serius. Ada proses analisis linguistik forensik yang dapat menentukan penilaian itu.

“Itu linguistik forensik. Bisa dianalisis penutur dan bagaimana penuturannya,” terang Endang.

Ahmad Dhani turut menanggapi keterangan Endang. Menurutnya, hanya dirinya yang tahu makna dan motivasinya melontarkan kata ‘idiot’ tersebut.

“Lalu kenapa idiot dianggap serius? Maknanya kan saya yang tahu,” kata Dhani.

Suami Mulan Jameela itu lalu bertanya kepada Endang, kenapa vlog-nya dianggap menghina. Dia juga menanyakan apakah penyidik Polda Jawa Timur menanyakan motivasi dirinya melontarkan kata-kata itu.

“Jadi saya dianggap menghina?” ucap suami Mulan Jameela itu dengan nada bertanya.

Endang lantas menjawab pertanyaan Dhani.

“Iya, menghina. Karena ada pihak yang tidak senang,” tegas Endang.

JPU Winarko mengatakan, saksi ahli telah menjelaskan arti dan makna kata-kata dalam vlog Dhani. Mulai dari kata-kata idiot, siapa subjeknya, hingga anggapan menghina yang bagaimana. Namun dirinya belum dapat menyimpulkan apa pun atas keterangan yang dipaparkan saksi ahli.

Menurutnya, proses persidangan masih panjang dan masih ada bukti lain yang perlu dihadirkan dalam sidang.

“Nanti kami buktikan. Masih ada bukti lain yang akan dihadirkan dalam persidangan,” kata Winarko.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Aryo Mahendro

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Pengacara Ahmad Dhani Banyak Ajukan Pertanyaan di Luar Keahlian Saksi