alexametrics

KPU Kota Malang Simulasikan Coblosan 5 Surat Suara

21 Maret 2019, 17:24:15 WIB

JawaPos.com – Pemilu 2019 dijadwalkan berlangsung 17 April mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang terus mematangkan persiapan pelaksanaan. Salah satunya dengan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara.

Simulasi dianggap penting karena banyaknya surat suara yang harus dicoblos pemilih. Total ada 5 surat suara. Yakni, pilpres dan pileg yang meliputi DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan DPD.

Kegiatan digelar di Kantor KPU Kota Malang, Jalan Bantaran, Kota Malang, Kamis (21/3). Aula Kantor KPU disulap menjadi tempat pemungutan suara (TPS). Bilik suara, kotak suara, dan meja untuk kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) tertata rapi di aula.

Simulasi Pemlu 2019
KPU Kota Malang menggelar simulasi Pemilu 2019, Kamis (21/3). (Fisca Tanjung/JawaPos.com)

Dilengkapi pula dengan tempat saksi-saksi hingga pengawas. Relawan yang berperan sebagai warga juga turut hadir. Mereka kemudian melakukan runtutan pemungutan suara.

Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas mengatakan, simulasi dilakukan untuk mengetahui alur riil pemungutan dan penghitungan suara. Mulai dari persiapan panitia, kedatangan dan pencoblosan warga, hingga penghitungan serta pelaporan hasil pemungutan suara.

“Pihak KPU melibatkan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dari lima kecamatan di Kota Malang. Simulasi kali ini di tingkat PPK. Mereka nanti kami minta meneruskan pada teman-teman di TPS dan KPPS,” ujar Aminah.

Pada kesempatan tersebut, KPU berupaya menjelaskan secara langsung kemungkinan-kemungkinan yang bakal terjadi sepanjang pemungutan suara. “Harapannya lancar, tertib dan sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Aminah.

Sebenarnya secara prinsip, tidak ada perbedaan alur dan mekanisme pemilihan. Tapi hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya potensi kendala di lapangan.

Dalam simulasi, KPU Kota Malang melibatkan puluhan peserta. Termasuk menghadirkan 7 KPPS ditambah 25 anggota PPK. “Kami memotret kebutuhan yang sesungguhnya. Mulai dari tiga kategori pemilih. Baik yang dari DPT, DPTb dan DPK atau yang pakai KTP elektronik saja ini disimulasikan,” terangnya.

Petugas KPPS dan PPK juga diberi paparan terkait rekapitulasi data. “Sampai hitungan dan pengisian C1 yang akan discan di KPU. Dari TPS nanti PPK ke KPU kota. Perjalanan C1 pada hari H, 17 April itu dipraktikkan langsung,” ulasnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Fiska Tanjung

Copy Editor :

KPU Kota Malang Simulasikan Coblosan 5 Surat Suara