alexametrics

KNKT Diminta Turun Tangan Atasi Kecelakaan Perairan Sungai Musi

21 Maret 2019, 05:04:57 WIB

JawaPos.com – Kecelakaan kapal cepat atau speedboat di perairan Sungai Musi, tepatnya di Kabupaten Banyuasin, Sumsel, menjadi sorotan semua pihak. Pasalnya, kecelakaan yang terjadi berulang kali itu telah menyebabkan tewasnya puluhan penumpang.

Direktur Polisi Air (Dirpolair) Polda Sumsel, Kombes Pol Imam Thabroni mengakui, selama satu tahun belakangan setidaknya ada puluhan kasus kecelakaan kapal di perairan Sungai Musi. Akibatnya, puluhan penumpang menjadi korban dalam kecelakaan tersebut.

“Jadi perlu penyelidikan khusus terkait kasus ini karena itu Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan instansi harus turun tangan untuk menyelidikinya,” katanya saat ditemui usai ke rumah korban kecelakaan Speedboat Awet Muda, Rabu (20/3).

Ia mengaku sejauh ini pihaknya juga sudah berkoordinasi kepada semua pihak termasuk membuat prototie kapal yang aman dan mengedepankan keselamatan. Hanya saja memang saat ini belum terealisasi.

Karena itu, kedepan dirinya bersama pihak-pihak terkait akan melakukan pencegahan mulai memeriksa kondisi kapal sebelum berlayar termasuk memeriksa kesiapan pengemudi. Bahkan, jika perlu akan dilakukan tes urine untuk memastikan pengemudi bebas dari narkoba.

“Kami harap kecelakaan kapal yang menewaskan penumpang tidak terjadi lagi di perairan Sungai Musi,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Banyuasin, Askolani menambahkan, pihaknya mengimbau kepada pemilik kapal untuk mengubah spesifikasi kapalnya, seperti jendela dan pintu jangan terlalu kecil.

Menurutnya, kecilnya pintu dan jendela menyebabkan penumpang kesulitan untuk keluar kapal saat terjadi kecelakaan. Selain itu, ia juga mengimbau agar pemilik kapal harus memastikan jumlah penumpang agar tidak melebihi kapasitas.

“Kami juga akan mengeluarkan peraturan bupati agar pemilik kapal mematuhi aturan yang ada,” singkatnya.

Seperti diketahui, kecelakaan speedboat kembali terjadi di perairan Sumsel tepatnya Kawasan Upang Jaya, Kecamatan Muara Telang, Banyuasin, Sumsel. Akibat kejadian tersebut, tujuh orang tewas termasuk serang atau sopir dan kernet kapal.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Alwi Alim

Copy Editor :

KNKT Diminta Turun Tangan Atasi Kecelakaan Perairan Sungai Musi