alexametrics

Kemenkumham Bentuk Tim Pengawasan Orang Asing di Kulon Progo

21 Maret 2019, 18:35:55 WIB

JawaPos.com – Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Kantor Wilayah Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di Kulon Progo. Hal itu dilakukan menyusul akan beroperasinya Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Kepala Kanwil Kemenkumham DIJ Krismono mengatakan, Timpora ini beranggotakan 48 orang, melibatkan camat, Kapolsek, dan juga Danramil. “Tim pengawas ini memantau dan mengawasi keberadaan orang asing,” katanya, di kompleks Pemkab Kulon Progo, Kamis (21/3).

Dijelaskannya, pembentukan Timpora ini menggandeng Pemkab dan juga stakeholder tingkat kecamatan karena keterbatasan jumlah pegawai imigrasi. Selain itu juga agar lebih maksimal dalam pengawasan orang asing yang tinggal sampai ke pelosok-pelosok. “Kebanyakan wisatawan sampai ke pelosok,” ucapnya.

Sementara, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jogjakarta, Sutrisno mengatakan, tim ini nantinya bertugas memberikan saran atau pertimbangan kepada instansi atau lembaga terkait. Mengenai pengawasan terhadap keberadaan orang asing.

Biasanya, lanjutnya, permasalahan orang asing yang dihadapi seperti izin tinggal atau kitas, kemudian perbuatan yang menyalahi adat dan budaya masyarakat sekitar. “Ketika ditemukan ada pelanggaran, kami tidak,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, per hari ada sedikitnya 30 orang asing masuk ke DIJ. Namun jumlah itu akan naik pada masa Agustus sampai September, karena momen musim liburan. “Untuk jumlah orang asing ada sebanyak 2.600 orang di DIJ, sudah termasuk mahasiswa,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Manajer Proyek Pembangunan Bandara NYIA, Taochid Purnama Hadi mengatakan, pengerjaan Bandara NYIA untuk dioperasikan pada April nanti sudah mencapai hampir 90 persen. “Target (penyelesaian) April nanti masih kami kejar,” katanya.

Ia mengatakan memang sempat ada banjir akibat hujan pada Minggu (17/3) lalu. Namun hanya sebentar saja, dan airnya cepat surut. “Saat hujan memang pengerjaan dapat berhenti. Tapi setelah cuaca cerah kami kejar lagi pengerjaannya,” ucapnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Copy Editor :

Kemenkumham Bentuk Tim Pengawasan Orang Asing di Kulon Progo