alexametrics

Kelenteng Tertua di Semarang Hangus Terbakar, 1 Orang Tewas

21 Maret 2019, 09:06:00 WIB

JawaPos.com – Tay Kak Sie, salah satu kelenteng tertua di Kota Semarang dan berlokasi di Jalan Gang Lombok, Semarang Tengah, terbakar hebat, Kamis (21/3). Amukan si jago merah ini setidaknya mengakibatkan satu orang meninggal dunia

Api tepatnya melalap rumah Rumah Abu Tjie Lam Cay dan Kantor Yayasan Kong Tiek Soe yang berlokasi di dalam komplek kelenteng berusia 2,5 abad itu. Komandan Peleton 2 Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Agus Nurhadi, mengatakan, pihaknya mendapat laporan adanya kebakaran ini sekitar pukul 04.30 WIB tadi.

Kelenteng Terbakar
Belum diketahui secara pasti pemicu munculnya kobaran api. Tim Labfor Polda Jateng rencananya akan diturunkan untuk menginvestigasinya. (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)

“Kita tadi mendapatkan laporan dan langsung meluncur ke lokasi. Ada 12 unit mobil kebakaran yang diturunkan,” katanya, Kamis (21/3).

Bagaimanapun, proses pemadaman tak berjalan mulus. Aliran listrik PLN yang belum diputus membuat proses penjinakkan api agaknya berjalan sedikit lebih lambat.

“Karena itu kan berbahaya (aliran listrik). Tadi api sudah besar ketika kita sampai, tapi terkendala listrik yang belum padam. Baru sekira 30 menit kemudian (setelah aliran listrik diputus), kita bisa lakukan pemadaman,” jelasnya.

Api saat ini sudah bisa dikatakan padam. Proses dilanjutkan dengan tahapan pendinginan. Namun, peristiwa ini turut meninggalkan duka mendalam. Juru kunci kelenteng, ditemukan meninggal dunia, terjebak di antara puing-puing dan kobaran api. “Atas nama Om Lhay usianya 70 tahun. Dia sebagai juru kunci kelenteng,” kata Agus.

Jasad pria malang itu kemudian dievakuasi dari puing-puing bangunan untuk dibawa ke rumah sakit. “Kita minta kantong mayat dari BPBD. Selanjutnya tadi ada petugas kalau enggak salah dari PMI yang membawa jenazah korban ke rumah sakit. Baru sepuluh menit lalu,” pungkasnya.

Belum diketahui secara pasti pemicu munculnya kobaran api. Tim Labfor Polda Jateng rencananya akan diturunkan untuk menginvestigasinya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro



Close Ads
Kelenteng Tertua di Semarang Hangus Terbakar, 1 Orang Tewas