alexametrics

Kebakaran Kelenteng Tay Kak Sie Disebabkan Hubungan Arus Pendek

21 Maret 2019, 14:32:49 WIB

JawaPos.com – Kepolisian memastikan asal mula munculnya api yang menghanguskan rumah abu Tjie Lam Tjay dan Kong Tik Soe di Kompleks Tay Kak Sie adalah berasal dari hubungan arus pendek. Ini berdasarkan pemeriksaan tim Laboratorium Forensik Mabes Polri Cabang Semarang di lokasi kejadian.

“Di kayu paling besar di dalam bangunan yang terbakar ada lampu TL 40 watt,” ucap Kapolsek Semarang Tengah Kompol Adi Nugroho, Kamis (21/3).

Adi menyebut, rangkaian sambungan kabel di sekitar lampu telah menimbulkan percikan api. Yang kemudian menyulut api di bangunan rumah abu. “Sebagian besar bangunan yang terbakar ini kan terbuat dari kayu, sehingga mudah terbakar,” tambahnya.

Kebakaran Kelenteng
Kepolisian memastikan asal mula munculnya api yang menghanguskan rumah abu Tjie Lam Tjay dan Kong Tik Soe di Kompleks Tay Kak Sie adalah berasal dari hubungan arus pendek. (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)

Sebelumnya diberitakan, bangunan rumah abu yang berlokasi di kompleks Kelenteng Tay Kak Sie, Gang Lombok, Area Pecinan, Semarang Tengah, terbakar sekira pukul 04.30 pagi. Sekitar 12 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah.

Akibat kejadian ini, ruang tengah dari rumah abu itu hangus. Ruang tengah itu sendiri berfungsi sebagai ruang utama atau memorial hall yang juga digunakan untuk menyimpan Sienci atau Spirit Tablet dari para tokoh Semarang keturunan Tionghoa.

Selain itu, satu orang yang diketahui identitasnya sebagai juru kunci kelenteng, bernama Thio Thiam Lay alias Om Lay, 70, ditemukan tewas dalam peristiwa ini. Kapolsek menjelaskan, korban diduga sempat jatuh tertimpa kayu yang terbakar saat berusaha menyelamatkan diri.

“Dari keterangan saksi, korban terjatuh saat akan menyelamatkan diri melalui pintu samping,” bebernya. Pasalnya, menurut keterangan saksi, pintu bangunan rumah abu Tjie Lam Tjay dalam kondisi tertutup rapat saat kejadian.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Kebakaran Kelenteng Tay Kak Sie Disebabkan Hubungan Arus Pendek