alexametrics

Ekskavasi Tuntas, Situs di Tol Mapan akan Diteliti oleh Arkeolog Jogja

21 Maret 2019, 19:33:26 WIB

JawaPos.com – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur telah menghentikan proses ekskavasi temuan situs purbakala di proyek tol Malang-Pandaan (Mapan) pada hari kesepuluh, Kamis (21/3). Selanjutnya, penelitian terkait situs Sekaran tersebut akan diambil alih oleh Balai Arkeologi Jogjakarta

Arkeolog BPCB Trowulan Jawa Timur Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, pihaknya telah resmi menghentikan proses ekskavasi di temuan situs Sekaran yang berada di seksi 5 km 37. Hingga hari terakhir ekskavasi, bentangan situs yang berhasil disingkap seluas 25×25 meter. “Nanti akan di-drone. Kemungkinan masih ada temuan lain,” ujarnya.

BPCB sudah berkomunikasi dengan Balai Arkeologi Jogjakarta untuk penelitian situs selanjutnya. “Sudah koordinasi. Nanti penelitian lanjutan akan dilakukan oleh arkeolog jogja,” terangnya.

BPCB Jatim yang wilayah areanya di Jawa Timur mempunyai tugas pokok dan fungsi berkaitan dengan pelestarian. Sedangkan untuk ranah penelitian lebih mendalam tentang kesejarahan dan budaya dilakukan oleh Balai Arkeologi Jogjakarta. Wilayah Balai Arkeologi Jogjakarta meliputi di provinsi di Pulau Jawa.

“Situs sekarang ini juga menjadi tanggung jawab dari Balai Arkeleologi Jogjakarta. Mereka akan menjawab pertanyaan-pertanyaan masyarakat tentang periodesasi bentuk luasan utuh,” kata Dwi.

Penelitian situs tersebut tidak bisa diselesaikan dalam kurun waktu sehari atau sebulan. Namun membutuhkan proses yang agak lama.

Sementara itu dari hasil ekskavasi, diketahui bahwa situs tersebut merupakan kompleks bangunan suci yang dikelilingi oleh permukiman. “Bisa merucut ke pura atau puri (keraton). Nanti perlu lebih banyak data untuk diperjelas,” pungkasnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Fiska Tanjung

Copy Editor :

Ekskavasi Tuntas, Situs di Tol Mapan akan Diteliti oleh Arkeolog Jogja