alexametrics

2.589 Hektare Lahan Terbakar, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

21 Maret 2019, 19:10:52 WIB

JawaPos.com – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau, terus meluas. Sejak Januari hingga kini, sudah 2.589 hektare lahan yang terbakar. Atas kejadian itu, polisi sudah menetapkan 11 orang sebagai tersangka.

Kepala Pelaksana BPBD Riau, Edwar Sanger mengatakan, 11 tersangka itu ditetapkan dari 11 kasus yang ditangani oleh 5 Polres. Yaitu, Polres Rohil; Polres Bengkalis; Polres Meranti; Polres Dumai; Polres Pekanbaru.

“Di Polres Rohil menangani tiga kasus, Polresta Pekanbaru, Polres Bengkalis dan Polres Meranti masing-masing tangani satu kasus dan Polres Dumai tangani lima kasus,” kata dia, Kamis (21/3).

11 tersangka itu, ditahan di Rutan Polri sebanyak sembilan orang di antaranya tiga orang tahanan Polres Rohil, lima orang tahanan Polres Dumai, Polresta Pekanbaru dan Polres Bengkalis masing-masing satu orang. “Satu orang ditahan di Polres Meranti dan satu tersangka sudah tahap II (diserahkan ke JPU),” sebutnya.

Sementara itu, ribuan hektare lahan yang terbakar, paling luas ada di Kabupaten Bengkalis yaitu 1.250.83 hektare. Kemudian disusul Kabupaten Rohil seluas 386 hektare, Kabupaten Siak seluas 285 hektare, Kabupaten Kepulauan Meranti 222.4 hektare dan Kota Dumai 183.25 hektare.

Selanjutnya, Kabupaten Inhil seluas 72.1 hektare; Kabupaten Pelalawan seluas 72 hektare; Kabupaten Inhu seluas 51,5 hektare; Kota Pekanbaru seluas 32.76 hektare; Kabupaten Kuansing seluas lima hektare dan Kabupaten Rohul seluas dua hektare.

Edwar menjelaskan, kebakaran lahan di sejumlah daerah tersebut sebagian sudah padam. Namun untuk di beberapa daerah lain api justru masih menyala dan juga timbul kebakaran lahan yang baru terjadi.

“Daerah yang masih terjadi kebakaran lahan di antaranya Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis, Siak, Pekanbaru, Kampar dan Indragiri Hilir,” pungkasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Virda Elisya

Copy Editor :

2.589 Hektare Lahan Terbakar, 11 Orang Ditetapkan Tersangka