alexametrics

2020, Pemkot Surabaya Fokus Bangun Infrastruktur

21 Maret 2019, 14:08:50 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2019. Acara membahas dua poin pembangunan pada 2020. Yakni, pembangungan infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi.

Para camat, lurah, dan ketua RW banyak melontarkan usulan. Meski usulannya beragam, arahnya tetap untuk infrastruktur. Misalnya, pembukaan atau perbaikan jalan, saluran air, dan CCTV di permukiman.

“Karena (usulannya) itu representasi seluruh warga, bukan wilayah RW tertentu. Saya harap mereka bisa mengerti saat kami paparkan manfaatnya,” kata Sekretaris Daerah Kota Surabaya Hendro Gunawan di Balai Kota Surabaya, Kamis (21/3).

Begitu pula pada pemberdayaan ekonomi. Pemkot Surabaya akan memfasilitasi semua kegiatan perekonomian warga. Bagaimana nanti realisasinya, Hendro meminta semua usulan yang dikerjakan harus tuntas. Jika tidak, pihak kelurahan harus membantu menyelesaikan realisasi usulan warga melalui ketua RW.

“Gampangannya begini, misalnya mengusulkan (membangun) saluran. Tapi kalau nggak tuntas, ini yang harus kami sinkronkan. Lewat supporting dari kelurahan,” terang Hendro.

Kemudian soal anggaran juga akan menggunakan dana kelurahan sebesar Rp 2 miliar. Tapi dana sebesar itu tidak akan membiayai semua usulan pembangunan.

Hendro menegaskan, usulan pembangunan tetap harus melalui seleksi dan survei. Apakah pembangunannya bermanfaat dan bagaimana dampaknya setelah itu.

“Tetap ada proses seleksi. Termasuk survei lapangan. Artinya, (penggunaan dana) sesuai kebutuhan. Makanya akan kami buat se-transparan mungkin. Supaya semua warga bisa melihat perkembangannya,” jelas Hendro.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Aryo Mahendro

Copy Editor :

2020, Pemkot Surabaya Fokus Bangun Infrastruktur