alexametrics

Jaksa Ajukan Banding Vonis Seumur Hidup Herry Wirawan

21 Februari 2022, 15:31:09 WIB

JawaPos.com–Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat mengajukan banding terhadap putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung yang menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup terhadap pelaku pemerkosaan Herry Wirawan.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jawa Barat Dodi Gazali Emil mengatakan, berkas pengajuan banding itu sudah didaftarkan ke PN Bandung. Namun, dia belum dapat menyebutkan isi dari pengajuan banding tersebut.

”Tentu JPU (jaksa penuntut umum) yang akan menjelaskan. Tapi yang jelas, kami sudah mengajukan banding hari ini (21/2),” kata Dodi seperti dilansir dari Antara di PN Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (21/2).

Menurut dia, JPU mengharapkan banyak hal menjadi pertimbangan majelis hakim dalam melakukan banding tersebut. Nanti, JPU yang akan menjelaskan alasan hukum terkait banding terhadap putusan tersebut.

”Alasan banding nanti kita bisa jelaskan lebih lanjut,” ujar Dodi.

Majelis Hakim PN Bandung sebelumnya menjatuhkan hukuman terhadap Herry Wirawan berupa hukuman pidana penjara seumur hidup. Herry dinyatakan bersalah telah melakukan aksi tidak terpuji memperkosa belasan santri hingga hamil dan melahirkan.

Majelis Hakim PN Bandung menolak tuntutan Jaksa yang menuntut hukuman mati bagi Herry Wirawan. Majelis Hakim juga menolak tuntutan jaksa untuk menjatuhkan hukuman kebiri kimia bagi pelaku perkosaan terhadap 13 santriwati tersebut.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: