alexametrics

Terduga Teroris Diamankan saat Razia Ranmor, Berikut Kronologinya

21 Februari 2019, 18:57:25 WIB

JawaPos.com – Seorang terduga teroris asal Temanggung yang diduga tergabung dalam jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD), bernama Triyono, diamankan kepolisian dalam razia lalu lintas pada Kamis (14/2) sekitar pukul 10.45 WIB. Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triatmaja menjelaskan kronologi penangkapannya.

Agus menjelaskan, keberadaan Triyono mulanya diketahui di rumah mertuanya, daerah Banjarnegara. Namun, tak lama berselang, ia terdeteksi di sekitaran Temanggung.

Akan tetapi, di tengah monitoring, jejak Triyono sempat hilang sehingga berkoordinasi dengan Kapolres Temanggung untuk dilakukan razia ranmor. “Sekitar pukul 10.45 WIB diperoleh informasi bahwa anggota Polres Temanggung yang melaksanakan razia di Jalan Geneng Koangan,” katanya, Kamis.

Dalam pelaksanaan razia, petugas lantas menghentikan mobil Proton Exora warna hitam bernopol B 1577 VOC yang dikendarai oleh seorang laki-laki dengan identitas tidak diketahui. Pada saat dihentikan, kendaraan bermotor tersebut diparkir di pinggir jalan. “Dan selanjutnya pengendara langsung lari menuju arah sawah,” tambahnya.

Saat mobil dibuka paksa dengan mendatangkan tukang kunci, dan digeledah, ditemukan beberapa buku-buku bertemakan jihad. Tak lama setelahnya, sang pengendara datang menghampiri, dan setelah diinterogasi.

“Berdasarkan KTP dan SIM ditemukan identitas pengendara yang bernama Triyono S.PD.I alias Andalus alias Joko,” imbuhnya.

Setelah diperiksa di Mapolres Temanggung, ternyata benar Triyono ini statusnya adalah dalam pengejaran karena dugaan keterlibatannya dengan kegiatan berbau terorisme. Dirinya pun akhirnya mengakui keterlibatannya bersama para pelaku terorisme yang sebelumnya telah ditangkap oleh Tim Densus 88 Anti Teror.

Dalam pengamanan ini, turut diamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya beberapa buah buku, dan beberapa lembar tiket pesawat perjalanan dari Manila, Filipina ke Bandar Sri Begawan, Brunei Darusalam, serta dari Bandar Sri Begawan, Brunei Darusalam ke Jakarta. Lalu satu unit mobil, satu unit handphone, uang tunai, dan lain sebagainya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Terduga Teroris Diamankan saat Razia Ranmor, Berikut Kronologinya