alexametrics

Menhub Dorong Pembangunan MRT di Surabaya

21 Februari 2019, 18:00:52 WIB

JawaPos.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Dardak. Salah satunya untuk membicarakan rencana Mass Rapid Transit (MRT) di Surabaya.

Menurut Budi, Surabaya layak dan harus punya MRT. Namun tidak disebutkan jenis MRT yang cocok dibangun di Surabaya. “Makanya kami nggak ngomong langsung yang to the point. Saya tidak akan mengatakan. Yang dulu apa (usulan pembangunan Trem dari Pemerintah Kota Surabaya),” kata Budi di Surabaya, Kamis (21/2).

Budi menegaskan, pembangunan MRT di Surabaya perlu segera direalisasikan. Baik berupa trem atau lainnya. Sebab jika terlambat, anggaran untuk biaya operasional akan sangat tinggi. Tentu akan berdampak pada harga tiket.

“Bukan tidak mungkin Surabaya punya MRT. Kami harus rencanakan dari sekarang. Kalau nanti sudah seperti Jakarta, biayanya akan mahal sekali,” terang Budi.

Menhub ingin pembangunan MRT tidak hanya di Surabaya. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim juga perlu membangun MRT di daerah lain. Seperti ide Emil yang akan membangun rel kereta api di Madura. Untuk itu, Menhub dan Pemprov Jatim akan merencanakan dan menyiapkan pendanaan pembangunannya. “Kami nggak bisa ngomong sepotong tentang trem saja. Harus terintegrasi,” tukas Budi.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Aryo Mahendro

Copy Editor :

Menhub Dorong Pembangunan MRT di Surabaya