alexametrics

Jagung Mulai Panen, Pengusaha Pakan Ternak Ingatkan Ini Ke Pemerintah

21 Februari 2019, 08:44:13 WIB

JawaPos.com – Memasuki musim panen, suplai jagung ke pabrik pakan memang mulai tidak terkendala. Kementerian Pertanian menyebutkan harga jagung sudah jauh turun. Namun, jika membandingkan dengan periode yang sama tahun-tahun sebelumnya, harga jagung masih terbilang tinggi di angka Rp4.800-an per kilogram.

Pengusaha mengingatkan pemerintah, kebutuhan jagung yang juga meningkat, agar diantisipasi. “Kalau di Jawa Timur, (harga) masih sekitar Rp 4.800,” ujar Dewan Pembina Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) Sudirman kepada wartawan di Jakarta, Rabu (20/2).

Ia menjelaskan, harga kisaran jagung pakan Rp 4.800 per kilogram masih termasuk tinggi. Menurutnya, kondisi normal ketika masuk masa panen seperti sekarang ini, harga jagung yang sampai ke tingkat pabrik pakan bisa Rp 3.500 per kilogram.

Jagung Mulai Panen, Pengusaha Pakan Ternak Ingatkan Ini Ke Pemerintah
Ilustrasi peternak ayam petelur (DOK.Radar Semarang/JPG)

“Kalaupun di tingkat petani, acuannya Rp 3.150 per kilogram. Normal tinggilah. Itu kan harganya sudah mempertimbangkan keuntungan petani dan kewajaran penerimaan pabrik pakan,” tukasnya.

Sudirman pun mengingatkan akan naiknya kebutuhan jagung yang diperlukan untuk pakan pada tahun ini. Proyeksi kebutuhan pakan mencapai 20 juta hingga akhir 2019. Artinya, kebutuhan jagung sebagai bahan baku yang diperlukan mencapai 10 juta ton. Naik 17,65 persen dibandingkan kebutuhan tahun lalu.

Mengenai jagung yang mulai panen, Sudirman menganggapnya bukan sesuatu yang luar biasa. Dikarenakan memang dari waktu ke waktu, kisaran Maret—Mei memang merupakan masa-masa panen komoditas ini.

Yang terpenting, ucapnya mengingatkan, adalah suplai jagung di masa kritis pada kisaran November sampai Januari. Ini mesti diantisipasi karena pada periode tersebut, relatif jagung menjadi langka. Bulog pun diminta membantu menyerap jagung saat masa panen agar bisa menjadi penopang suplai ketika masa kritis tiba.

Di tempat terpisah, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyampaikan, masa panen raya jagung akan tiba di kisaran bulan Maret dan April. Saat ini pun, panen-panen kecil mulai terlihat sehingga menyebabkan harga jagung pakan kian terjangkau.

“Ini kita harus antisipasi jangan sampai anjlok sehingga petani merugi. Kita inginkan petani tetap untung, peternak mendapat harga pakan baik, pengusahanya juga untung,” tuturnya kepada wartawan di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (20/2).

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : JPG

Copy Editor :

Jagung Mulai Panen, Pengusaha Pakan Ternak Ingatkan Ini Ke Pemerintah