alexametrics

Ganti Rugi Korban Abu Tours Tunggu Vonis Seluruh Terdakwa

21 Februari 2019, 10:59:54 WIB

JawaPos.com – Penanganan kasus dugaan penggelapan dan pencucian uang calon jamaah oleh Abu Tours masih berjalan. Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel) menunggu hasil seluruh terdakwa. Keputusan pengadilan akan dikaji untuk menentukan solusi terkait ganti rugi terhadap calon jamaah.

“Kami nanti lihat amarnya (isi putusan) dulu. Karena saya belum ikuti (persidangan) sampai hal-hal yang sifatnya itu,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel Kaswad Sartono, Kamis (21/2).

Tiga terdakwa yang kini belum divonis adalah mantan Komisaris Abu Tours Nursyariah Mansyur dan Chaeruddin sertan mantan Manajer Keuangan Abu Tours Muhammad Kasim. Ketiganya dijadwalkan menjalani sidang lanjutan Kamis ini.

Agenda sidangnya pembacaan vonis kepada masing-masing terdakwa. Setelah dalam sidang sebelumnya, pleidoi atau pembelaan tiga terdakwa atas tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) ditolak majelis hakim.

Kaswad berharap agar dalam pembacaan putusan, hakim dapat mempertimbangakan seadil-adilnya untuk para korban yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. “Sebenarnya ini sudah masuk wilayah penegakan hukum. Jadi Kemenag cuma bisa berharap putusan hakim itu adil. Adil yang bisa dirasakan oleh semua jamaah,” harap Kaswad.

Sebelumnya, kuasa hukum terdakwa mendorong agar Kemenag dapat terlibat membantu mencarikan solusi terkait kejelasan nasib 96 ribu jamaah yang tersebar di 15 provinsi di Indonesia. Apakah mereka akan diberangkatkan, atau diberi diganti rugi. Hal itu menyusul divonisnya CEO Abu Tours Hamzah Mamba.

Menurut kuasa hukum terdakwa, Hendro divonisnya Hamzah Mamba tak lantas menyelesaikan masalah yang ada. Khususnya persoalan siapa pihak yang akan bertanggung jawab untuk menanggung beban seluruh jamaah.

“Nah, sekarang kan jamaah kasihan. Apalagi (perusahaan) sudah dinyatakan pailit. Sekarang kalau kami pikir, berapa ganti rugi yang akan didapat jamaah. Siapa yang akan memberangkatkan,” ucap Hendro.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Sahrul Ramadan

Copy Editor :

Ganti Rugi Korban Abu Tours Tunggu Vonis Seluruh Terdakwa