JawaPos Radar

Pengerjaan Dihentikan, Tol Salatiga Solo Terancam Molor

21/02/2018, 16:05 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Tol Salatiga
ILUSTRASI (dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Instruksi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono untuk menghentikan sementara seluruh proyek jalan tol turut berdampak pada jalan tol Salatiga-Solo. Proyek ini bahkan terancam tidak bisa difungsionalkan untuk arus mudik lebaran mendatang.

Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), David Wijayatno selaku pengelola jalan tol tersebut menjelaskan, setidaknya ada 11 jembatan yang dibangun sepanjang jalan Salatiga sampai dengan Kartasura.

Dengan penghentian tersebut yang ditujukan untuk evaluasi membuat pengerjaan tidak bisa dilakukan. "Kami juga harus menghentikan seluruh pengerjaan jembatan yang ada antara Salatiga sampai Kartasura," terang pria yang akrab disapa David kepada JawaPos.com, Rabu (21/2) pagi.

Lebih lanjut David mengatakan, jika nantinya penghentian proyek ini berlangsung sebentar maka tidak akan banyak berdampak pada pengerjaan proyek tol Salatiga-Kartasura. Tetapi, jika ternyata penghentian tersebut berlangsung lama, maka jelas akan berdampak pada target penyelesaian dan juga fungsional jalan tol.

"Kalau penghentian hanya seminggu mungkin masih bisa kejar untuk penyelesaiannya. Tetapi kalau lebih dari seminggu atau lama jelas akan berdampak," katanya.

Target penyelesaian jalan tol Salatiga-Kartasura sendiri adalah Agustus mendatang. Tetapi, rencananya jalan tol yang akan menghubungkan Semarang-Solo tersebut akan difungsionalkan untuk jalur mudik Lebaran mendatang.

Untuk itu, David akan mengajukan surat kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk mempercepat evaluasinya. Sehingga, pengerjaan proyek jalan tol Salatiga-Kartasura tidak terganggu dengan penghentian tersebut.

"Kami ingin diprioritaskan untuk evaluasinya, dengan target fungsional Lebaran supaya tidak terganggu," tandasnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up