alexametrics

Diserang Foto Hoaks Kepala Babi, Sihar: Sudah Saya Maafkan Orangnya

21 Februari 2018, 17:13:12 WIB

JawaPos.com – Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Cawagub Sumut) Sihar Sitorus kembali menanggapi perihal foto dirinya bersama Djarot Saiful Hidayat saat menerima piring berisi hidangan kepala babi.

Meski Sihar mengatakan, pengedit foto yang sempat viral di media sosial itu menurutnya tidak paham adat istiadat. Tetapi dirinya memaafkan oknum yang mengedit foto tersebut. Dimana foto hidangan kepala babi itu memang sempat jadi perbincangan di Media sosial.

“Yah kita maafkanlah mereka gak tau apa yang mereka perbuat,” kata Sihar di saat kunjungi Warkop Jurnalis Medan, Rabu (21/2).

Foto itu diambil saat Sihar dan Djarot menghadiri acara keluarga Sihar di Desa Sinta Dame Parsambilan, Kecamatan Silaen Kabupaten Toba Samosir awal Februari lalu. Hidangan dalam foto itu kata Sihar sebenarnya adalah ikan mas.

“Dalam adat batak, meskipun itu dijalankan di komunitas muslim atau komunitas kristen, Mora,Tulang atau hula-hula enggak pernah memberikan daging kepada Borunya, harus ikan mas. Dengan kata lain, yang mengedit ini tidak belajar kearifan lokal,” 

Secara filosofis, kata Sihar, pihak hula-hula, Mora atau Tulang adalah orang yang dituakan. Mereka memberikan nasihat kepada kami sebagai kaum muda. “Ikan mas menjadi simbol filosofi agar kemana-mana kami selalu sehati dan seiringan seperti ikan mas,” katanya.

Kesalahan paling fatal dalam foto itu, adalah hidangan ikan mas yang diganti menjadi kepala babi. Sihar pun tidak ingin memperpanjang kasus itu. “Mungkin masyarakat Batak lainnya tersinggung juga kali. Kan bisa lihat contoh di Sipirok, disana mayoritasnya muslim. Tapi adat Bataknya jalan. Boleh kita tanya di sana, apa yang dikasih ke borunya, pasti ikan mas juga bukan daging,” pungkasnya.

Sihar tidak menggubris soal foto yang dianggapnya hoaks itu. Dia tetap menganggap si pengedit foto tidak mengerti apa yang diperbuatnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Diserang Foto Hoaks Kepala Babi, Sihar: Sudah Saya Maafkan Orangnya