alexametrics

Ziarah ke Makam Tokoh NU, Ridwan Kamil Cocok Jaga Kesatuan Indonesia

21 Januari 2022, 19:53:08 WIB

JawaPos.com–Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan napak tilas sejarah asal-usul Nahdlatul Ulama di Jawa Timur. Jumat (21/1), Pesantren Tebuireng Jombang menjadi tujuan utama.

Ridwan Kamil yang mengenakan baju koko putih dengan motif batik Kawung, berziarah ke makam mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, KH Hasyim Asy’ari, dan KH Wahid Hasyim. Di samping makam Gus Dur, Ridwan Kamil menaburkan bunga di atas makam pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah.

Saat menaburkan bunga, dia tampak emosional. Beberapa kali Ridwan Kamil mengusap matanya yang berair.

”Saya terharu ketika ziarah ke makam almarhum Gus Sholah. Karena dulu saat mendoakan, datang ke Bandung. Saat pemakaman (Gus Sholah) nggak sempat hadir,” ucap Ridwan Kamil.

Ziarah itu, disebut Ridwan Kamil sebagai upaya untuk mengingat kembali asal-usul dan sejarah Nahdlatul Ulama. Sebagai bagian dari Nahdlatul Ulama di Jawa Barat, Ridwan Kamil berpesan supaya tetap mengingat dan menjaga sejarah.

”Hari ini (21/1), saya ziarah. Ini kan sejarah asal-usul Nahdlatul Ulama, di mana saya juga bagian dari pesantren Nahdlatul Ulama di Jawa Barat,” tutur Ridwan Kamil.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika, ARM

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads