alexametrics

Pemkot Bandung Lacak Sumber Transmisi Lokal 6 Warga Terkena Omicron

21 Januari 2022, 18:51:50 WIB

JawaPos.com–Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana memastikan, pihaknya melacak untuk mengetahui sumber transmisi lokal yang menyebabkan enam warga terpapar Covid-19 varian Omicron.

Menurut Yana, enam orang itu kemungkinan tertular varian Omicron secara lokal. Sebab, mereka tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri. ”Jadi kita tracing (lacak) benar dari mana mereka kemungkinan mendapatkan paparanvarian Omicron,” kata Yana seperti dilansir dari Antara di Bandung, Jumat (21/1).

Dia menjelaskan, Covid-19 pasti bakal mengalami mutasi dengan menimbulkan sejumlah varian. Namun yang perlu diwaspadai juga, karena Omicron merupakan varian yang menular sangat cepat.

”Jadi diingatkan pemerintah pusat, satu waktu penyebarannya ini akan terjadi di semua wilayah, termasuk di Kota Bandung,” tutur Yana.

Meski begitu, dia mengatakan, masyarakat tidak perlu panik atas adanya kasus Omicron di Kota Bandung. Protokol kesehatan menjadi kunci untuk melawan Covid-19.

”Saya pikir teman-teman tentunya selama ini selalu mengingatkan warga untuk protokol kesehatan saja di tempat tempat keramaian. Insya Allah kuncinya protokol kesehatan,” ucap Yana.

Adapun enam orang tersebut dinyatakan terkonfirmasi Omicron berdasar hasil pengetesan Whole Genome Sequecing (WGS) yang dilakukan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jawa Barat. Enam orang itu diketahui merupakan warga Kota Bandung.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads