alexametrics

MotoGP Mandalika Menjadi Momentum Unjuk Gigi bagi UMKM NTB

21 Januari 2022, 17:41:49 WIB

JawaPos.com – MotoGP Mandalika memiliki banyak efek domino. Kesempatan itu harus dijadikan peluang bagi pelaku UMKM di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan bahwa kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokow) pekan lalu, seolah-olah menjadi pelecut bahwa MotoGP membawa dampak besar bagi Indonesia, khususnya NTB.

Maka dari itu, Zulkieflimansyah mendorong semua elemen untuk berakselerasi lebih serius lagi. “Penekanan Pak Presiden kepada para menteri supaya segala hal dipersiapkan dengan maksimal. Mulai dari akomodasi, fasilitas di sirkuit, dan infrastruktur pendukung lainnya,” kata Gubernur NTB, Jumat (21/1).

Bagi Zulkieflimansyah, MotoGP menjadi momentum bagi pelaku usaha kecil menengah dan mikro (UMKM) di NTB untuk unjuk gigi. Apalagi concert Pemprov NTB terhadap UMKM begitu tinggi. Dalam program industrialisasi mendorong meningkatkan kapasitas UMKM.

Dia mencontohkan beberapa bentuk industrialisasi UMKM di NTB. Di antaranya ada rumah produksi kosmetik CV. Karya Iwin Insane di Science Tehnology dan Industrial Park (STIPark); rumah produksi organik Lombok Indonesia Pagesangan, Mataram; rumah produksi ayam taliwang dalam kemasan steril di Gomong, Mataram; dan banyak lainnya.

“Ini kesempatan. Semua harus mengambil momentum. Permintaan oleh-oleh makanan, kerajinan, dan cendera mata khas NTB akan tinggi. Waktunya unjuk gigi,” kata politikus PKS itu.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads