alexametrics

Kecelakaan Maut di Balikpapan, Polisi Duga Karena Rem Truk Blong

21 Januari 2022, 12:04:54 WIB

JawaPos.com – Polda Kalimantan Timur (Kaltim) menduga kecelakaan maut di Balikpapan terjadi karena rem truk kontainer blong. Hal itu diketahui berdasarkan penyelidikan awal.

“Itu dimulai karena adanya truk kontainer yang remnya blong. Dan kondisi jalan itu, geografisnya memang menurun. sehingga si truk tersebut, selain dia remnya blong, dia juga daya laju kendaraannya nggak bisa dikurangi lagi,” kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo saat dihubungi, Jumat (21/1).

Yusuf menuturkan, truk bermuatan sekitar 20 ton barang. Dengan kondisi jalan yang sedikit menurun, membuat truk semakin sulit dikendalikan. “Truk mengangkut obat apa gitu tadi. Kayak untuk pembersih air,” jelas Yusuf.

Sebelumnya, kecelakaan maut yang terjadi di simpang traffic light Muara Rapak, Balikpapan, pada Jumat (21/1) pagi. Peristiwa ini diduga bermula saat truk kontainer dengan nomor polisi KT 8534 AJ berangkat dari parkirannya Jalan Pulau Balang KM13 Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, pukul 05.00 WITA.

“Dengan muatan kontainer 20 fit yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton yang hendak diantar ke Kampung Baru, Balikpapan Barat,” kata Karo Ops Polda Kaltim Kombes Pol Frans Barung Mangera kepada wartawan, Jumat (21/1).

Sesampai di depan Rajawali Foto KM 0,5, supir truk sudah mulai menurunkan gigi kendaraan dari 4 ke 3. Namun, sesampai di depan Bank Mandiri rem kendaraan sudah tidak berfungsi.

“Truk kontainer meluncur laju dan menabrak yang ada di depannya. Pada saat kejadian Trafic light Muara Rapak warna merah,” imbuh Frans.

Setelah itu truk pertama kali menabrak sepeda. Berlanjut ke kendaraan lainnya yang tengah berhenti di traffic light. Total ada 6 kendaraan roda 4 yang ditabrak, sedangkan kendaraan roda dua berjumlah 14 unit.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads