alexametrics

RSGM Soelastri Akan Gandeng BPJS Kesehatan

21 Januari 2019, 12:45:56 WIB

JawaPos.com – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Sukoharjo meresmikan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah (Jateng). Peresmian dilakukan langsung Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dahlan Rais.

Direktur Utama (Dirut) RSGM Soelastri Noor Hafida Widyastuti menyampaikan, rumah sakit sudah melakukan pelayanan kepada pasien sejak 14 Januari 2019. Tetapi pelayanan masih terbatas untuk pasien umum. Ke depan, tidak menutup kemungkinan pihak rumah sakit akan bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Rumah sakit ini masih tipe C dengan total 10 lantai dan luas lebih dari 1.200 meter persegi. Rumah sakit ini juga sebagai wahana pendidikan bagi mahasiswa profesi Fakultas Kedokteran UMS,” urai Noor Hafida, Senin (21/1).

Pelayanan RSGM Soelastri antara lain instalasi gawat darurat dan umum. Selain itu, RSGM juga melayani konservasi gigi, kedokteran gigi anak serta penyakit mulut. Rumah sakit didukung dengan peralatan yang canggih serta sumber daya manusia (SDM) yang andal. Setidaknya ada tujuh dokter gigi umum dan tujuh dokter spesialis.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dahlan Rais menyampaikan, yang perlu dilakukan adalah bekerja sama dengan BPJS. Menurutnya, kerja sama tersebut sebagai sebuah keharusan. Mengingat sekarang banyak masyarakat yang memanfaatkan BPJS.

“Kerja sama dengan BPJS merupakan keharusan. Secara rupiah memang tidak sama dengan pasien umum. Tapi bagi masyarakat, ini sangat menguntungkan,” ucap Dahlan.

Sedangkan mengenai pemilihan nama Soelastri, merupakan sosok yang ikut andil dalam berdirinya UMS. “Beliau adalah Ketua Aisiyah Solo waktu itu,” ungkap Dahlan.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Ari Purnomo

RSGM Soelastri Akan Gandeng BPJS Kesehatan